Rabu 04 Dec 2019 15:06 WIB

MRT Belum Dapat Arahan Rencana Perpanjangan Jalur ke Tangsel

Dirut PT MRT mengaku pihaknya masih fokus mengerjakan jalur-jalur di wilayah Jakarta.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pembangunan jalur MRT di Jakarta, Ahad (7/5).
Foto: Republika/ Wihdan
Pembangunan jalur MRT di Jakarta, Ahad (7/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengusulkan perpanjangan jalur Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dari Stasiun Lebak Bulus ke Tangerang Selatan (Tangsel), saat pemaparan akhir tahun Transportasi Jabodetabek, Senin (2/12). Namun pihak PT. MRT Jakarta mengaku belum mendapatkan arahan perpanjangan jalur ke Tangsel tersebut.

Direktur Utama PT. MRT Jakarta William P. Sabandar mengatakan, pihaknya saat ini masih fokus mengerjakan jalur-jalur di wilayah Jakarta. Khususnya sesuai rencana pada fase 2 ke arah utara, dan fase 3 jalur timur-barat, dari Kalideres ke Ujung Menteng. Karena itu, lanjut dia, PT. MRT Jakarta belum ada rencana perluasan ke jalur di luar Jakarta.

"Sampai saat ini belum ada arahan atau penugasan dari pemerintah untuk MRT Jakarta mengerjakan jalur (Lebak Bulus-Tangsel) tersebut," kata William kepada media, Rabu (4/12).

Terkait usulan BPTJ tersebut, William menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Sebab setelah MRT fase I beroperasi, rencana fase 2 selanjutnya bukanlah ke Tangsel. Namun masih fokus perpanjangan jalur di area Jakarta.

Sesuai rencana, ungkap dia, MRT Jakarta fase II yang menghubungkan Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Ancol Barat, akan mulai dibangun pada 2020 mendatang. William menjelaskan, pembangunan MRT Fase II lebih rumit dan memiliki kendala lebih.

Sebelumnya Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) merencanakan perpanjangan jalur Moda Raya Terpadu (MRT) sampai ke Stasiun Rawa Buntu, Tangerang Selatan, Banten, dari yang sebelumnya hanya sampai Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Direktur Prasarana BPTJ Edi Nursalam mengatakan perpanjangan rute MRT ini untuk mengakomodasi tingginya pergerakan orang di wilayah Jabodetabek menggunakan angkutan umum. Salah satunya adalah di kawasan wisatawan Puncak, Bogor.

"Karena itu kami sudah merencanakan perpanjangan MRT dari Lebak Bulus, sedikit lagi sudah sampai Tangerang Selatan. PT MRT sendiri sudah melakukan studi untuk perpanjangan dari Lebak Bulus sampai Rawa Buntu, melewati Pondok Cabe," kata Edi pada jumpa pers Akhir Tahun BPTJ di Jakarta, Senin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement