Selasa 03 Dec 2019 05:43 WIB

SLBN Kota Depok Jadi Sekolah Rujukan dan Percontohan

SLBN Kota Depok diharapkan bisa jadi contoh SLB binaan lainnya.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Sekolah Luar Biasa Negeri Depok. (Ilustrasi). SLBN Depok dijadikan sekolah percontohan dan jadi pembina sejumlah SLB lain.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sekolah Luar Biasa Negeri Depok. (Ilustrasi). SLBN Depok dijadikan sekolah percontohan dan jadi pembina sejumlah SLB lain.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Depok ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), untuk menjadi sekolah rujukan Tingkat SLB di Kota Depok. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong SLB lainnya agar bisa menerapkan standar dan aturan sesuai pedoman yang berlaku.

"Kami ditunjuk langsung Kemendikbud menjadi sekolah rujukan SLB di Kota Depok. Nantinya kami menjadi model atau SLB percontohan. Tentunya ini jadi tugas dan tantangan untuk kami," ujar Kepala SLBN Kota Depok Cornelia Dewi, Senin (2/12).

Menurut Cornelia, pihaknya bersama Kemendikbud telah menentukan lima sekolah yang menjadi sekolah binaan. Seperti, SLB Manunggal Bakti, SLB Budi Lestari, SLB Bina Insani, SLB Frobel Montesseri dan SLB Abdi Pratama. "Kelima SLB ini belum terakreditasi. Ada yang sudah, tetapi akreditasinya C. Mereka biasanya terkendala di sarana dan prasarana (Sarpras)," terangnya.

Dia berharap, SLBN bisa menjadi contoh rujukan yang baik kepada SLB binaan. Tentunya dengan memenuhi delapan standar nasional pendidikan.

"Standar pendidikan tersebut antara lain, standar isi, proses, kelulusan, pengelolaan, teknik, penilaian pendidikan, sarpras dan pembiayaan," pungkas Cornelia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement