Selasa 26 Nov 2019 21:49 WIB

HUT OPM, Polisi Kerahkan 1.300 Personel untuk Amankan Papua

Banyak personel yang dikerahkan untuk memberikan rasa aman buat warga.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri).
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kepolisian Daerah Papua saat ini mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan wilayah Papua menjelang HUT OPM pada 1 Desember.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw seusai pertemuan dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama di Jayapura, Selasa, mengakui, banyaknya personel yang dikerahkan untuk mengamankan wilayah Papua itu untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Baca Juga

Apalagi awal Desember ada berbagai kegiatan keagamaan berlangsung, misalnya pra Natal. Harapannya masyarakat khususnya umat Kristiani tetap dapat melaksanakannya tanpa gangguan yang berarti.

"Sementara di sisi lain ada agenda rutin yang selalu diupayakan dilakukan oleh kelompok-kelompok yang berusaha memisahkan Papua dari NKRI dengan berupaya mengibarkan bendera Bintang Kejora (BK)," ujarnya.

Khusus untuk kegiatan memperingati HUT OPM yang jatuh 1 Desember mendatang, Kapolda Papua menegaskan sudah sepakat dengan Pemprov Papua untuk tidak mengizinkan seluruh kegiatan dengan alasan apapun.

Apapun kegiatan yang dilakukan termasuk ibadah dalam rangka memperingati 1 Desember tidak akan diizinkan karena pasti akan disusupi dan menjadi pemicu. Ini mengingat ada kelompok tertentu yang ingin membenturkan warga dengan aparat keamanan.

“Berdasarkan pengalaman, kami ingin menjaga keamanan dengan tidak memberikan ruang untuk melakukan kegiatan memperingati 1 Desember,” kata Waterpauw.

Ketika ditanya soal personel yang dikerahkan itu didatangkan dari luar Papua, mantan Kapolda Sumut mengatakan, tidak ada penambahan pasukan.  Personel yang ada sudah berada sejak beberapa bulan lalu.

"Tidak ada penambahan pasukan, namun lebih mengoptimalkan pasukan yang sudah ada dan bertugas di berbagai wilayah di Papua," kata Kapolda Irjen Pol Waterpauw

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement