Selasa 26 Nov 2019 06:27 WIB

Angin Kencang Rusak Satu Rumah Warga Sukabumi

Angin kencang itu mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Seorang anggota kepolisian berusaha melewati pohon tumbang akibat bencana angin ribut yang terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (21/10/2019).
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Seorang anggota kepolisian berusaha melewati pohon tumbang akibat bencana angin ribut yang terjadi di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (21/10/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang terjadi di Kelurahan/Kecamatan Lembursitu, Senin (25/11). Dampaknya satu rumah mengalami kerusakan akibat bencama tersebut.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menyebutkan, peristiwa terjadi pada sekitar pukul 13.30 WIB di Jalan Bojongloa RW 11 Kelurahan Lembursitu. "Pada waktu itu terjadi hujan deras dan angin kencang sehingga mengakibatkan pohon tumbang yang menimpa rumah milik warga," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami kepada wartawan Selasa (26/11).

Baca Juga

Di mana atap rumah warga mengalami rusak kurang lebih tiga meter kali enam meter. Taksiran kerugian akibat kerusakan sebesar Rp 2.000.000.

Zulkarnain mengatakan, diduga pohon tumbang diakibatkan dari derasnya hujan disertai angin kencang. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa karena berhasil menyelamatkan diri atau berada di luar rumah.

Untuk membantu evakuasi pohon tumbang, Zulkarnain mengatakan sudah dikerahkan petugas BPBD ke lokasi kejadian. Selain itu juga dikerahkan satu armada lapangan yakni satu Unit Mobil Rescue ditambah personel PRB.

Menurut Zulkarnain, pada musim peralihan dari kemarau ke musim hujan sering ditandai dengan adanya angin kencang. Oleh karena itu warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana. Harapannya dengan kesiapsiagaan maka potensi munculnya korban jiwa bisa dicegah.

Pada hari yang sama, terjadi musibah lain yakni kebakaran di Gang Setuju RT 04 RW 06 Kelurahab Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Senin pagi sekitar pukul 08.00 WIB. "Rumah kebakaran ukuran empat meter, tidak ada korban jiwa," kata Zulkarnain.

Kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Selain rumah panggung, kebakaran juga berdampak pada mimbar mushola bagian atap yang berada di dekat lokasi kebakaran. Taksiran kerugian Rp 20 juta. Kejadian itu dapat diatasi oleh warga sekitar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement