Senin 25 Nov 2019 18:41 WIB

Kepala Staf Angkatan Darat ASEAN Kumpul di Bandung

Forum ACAMM untuk memperkuat persaudaraan angkatan darat di ASEAN.

Rep: Djoko Suceno/ Red: Muhammad Hafil
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saatemberikan sambutan pada acara ACAMM XX Tahun 2019 di Bandung.
Foto: Kodam Siliwangi
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saatemberikan sambutan pada acara ACAMM XX Tahun 2019 di Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG—Para Kepala Staf Angkatan Darat negara-negara ASEAN berkumpul di Kota Bandung dalam kegiatan ASEAN Chieps of Army Multilateral Meeting (ACAMM) ke-20 tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Trans Luxury dihadiri Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Andika Perkasa.

‘’TNI-AD bertindak sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini,’’ kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangannya kepada para wartawan, Senin (25/11).

Baca Juga

Menurut Candra, ACAMM merupakan ajang penguatan komitmen kerjasama militer di antara 10 negara anggota ASEAN. Ke-a0 negara tersebut yaitu Brunei Darussalam, Kamboja,  Laos, Malaysia, Myanmar, Philiphina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Indonesia sebagai tuan rumah.

‘’Forum ACAMM dimaksudkan untuk menjaga spirit persaudaraan, serta diharapkan bisa menjadi tonggak sejarah kemajuan bidang pertahanan bangsa-bangsa Asia Tenggara, menuju kemakmuran bersama,’’ujar dia.

Selain itu, kata Candra, pertemuan tersebut menjadi ajang dalam merumuskan langkah-langkah strategis sekaligus dalam implementasinya. Kerja sama militer yang terjalin lewat ACAMM, kata dia,  diproyeksikan untuk menjawab ancaman dan tantangan global yang sedang mengemuka, terutama di kawasan ASEAN. Beberapa ancaman yang perlu diwaspadai diantaranya terorisme dan radikalisme, kejahatan lintas negara, gejolak sosial politik yang merebak di berbagai negara, serta potensi bencana alam .

‘’Ancaman tersebut selama ini menjadi hambatan utama kemajuan ASEAN," kata dia.

Dalam kegiatan ACAMM ke-20 tahun  2019  tema yang diambil yaitu ‘’Melangkah Maju Bersama,  Memajukan Kolaborasi antar Angkatan Darat menuju ASEAN 2025”. Sedangkan motto kegiatan ini ‘’Bersama kita bisa! Together We Can!’’. Kegiatan ini diawali dengan perkenalan para Kasad ASEAN. Satu per satu mereka tampil di atas panggung dan bersalaman dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa,  Menhan RI,  Prabowo Subianto, dan  Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto. Selain itu juga dilaksanakan sesi foto bersama para Kasad Asean. Selesai acara pembukaan dilanjutkan dengan agenda multilateral meeting dan penyampaian ide/gagasan oleh para Kasad ASEAN dan terakhir serta sesi tanya jawab. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement