Senin 25 Nov 2019 09:13 WIB

Kabupaten Rokan Hulu Diterjang Banjir

Ratusan rumah terendam banjir di Rokan Hulu pada Ahad (24/11)

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Ilustrasi banjir.
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Ilustrasi banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau dilanda banjir akibat hujan yang turun di daerah itu. Akibatnya ratusan rumah terendam pada Ahad (24/11).

Rokan Hulu selama beberapa hari diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Untuk menanggulangi bencana tersebut, Badan SAR Nasional Pekanbaru mengirimkan tim penyelamat ke beberapa wilayah di Rokan Hulu yang terendam banjir.

Baca Juga

Kepala Basarnas Pekanbaru Amiruddin di Pekanbaru pada Senin (25/11) menjelaskan tim bertujuan melakukan pemberian bantuan dan evakuasi bagi warga kabupaten itu yang terkena dampak banjir. "Kami juga akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Rohul (Rokan Hulu) dan instansi terkait lainnya," katanya.

Sebanyak 849 keluarga atau 3.116 jiwa, serta beberapa fasilitas sosial seperti masjid terendam dan akses jalan terputus akibat banjir tersebut. Warga saat ini memerlukan bantuan untuk evakuasi ke tempat yang lebih aman.

Amiruddin juga memaparkan Basarnas memiliki kewajiban mengevakuasi dan membantu warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Namun tidak semua warga bersedia dievakuasi dengan alasan menjaga rumah apabila ditinggal akan kemalingan dan alasan keamanan lainnya.

"Kalau mereka tidak mau dievakuasi dengan alasan demikian itu hak mereka. Namun, kita akan fokus melakukan bantuan ke warga untuk evakuasi, karena salah satu tugas pokok kita adalah membantu menyelamatkan manusia atau jiwa," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement