Jumat 22 Nov 2019 13:40 WIB

Danone AQUA Dukung Gunakan Energi Terbarukan

Salah satu pabrik AQUA yang sudah menggunakan teknologi solar panel ada di Ciherang.

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibobo.
Foto: Istimewa
Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibobo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Danone AQUA bersama dengan beberapa perusahaan lainnya melakukan deklarasi untuk menggunakan energi terbarukan sebagai bentuk partisipasi dalam mengurangi dampak perubahan iklim melalui inslatasi solar panel. Upaya ini juga merupakan langkah konkrit dalam mendukung pemerintah mencapai target penggunaan energi terbarukan sebesar 23 persen pada tahun 2025. Komitmen ini disampaikan dalam acara Indonesian-German Renewable Energy Day (RE Day) 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Kegiatan tahunan yang telah diadakan kedua kali ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari pemerintah dan lembaga terkait, PT PLN, perusahaan energi terbarukan, lembaga think tank, lembaga pendanaan proyek, asosiasi sektor energi terbarukan dan sektor swasta pengguna energi terbarukan.

Karyanto Wibowo selaku Sustainable Development Director Danone Indonesia menyampaikan bahwa penggunaan energi terbarukan saat ini merupakan salah satu opsi untuk menjadikan lingkungan lebih bersih.

"Kami mendukung penggunaan energi terbarukan sebagai upaya dalam mengurangi dampak perubahan iklim, dalam waktu dekat terdapat tambahan 3 pabrik kami yang akan melakukan instalasi solar panel sebagai sumber energi listrik untuk menunjang kegiatan operasional sehari-hari,” kata Karyanto Wibowo dalam rilisnya, Jumat (22/11).

Karyanto menjelaskan, saat ini salah satu pabrik AQUA yang sudah menggunakan teknologi solar panel adalah pabrik Ciherang, yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Group Danone tergabung sebagai bagian dari RE 100, yang merupakan kumpulan perusahaan yang berkomitmen untuk menggunakan 100 persen energi terbarukan untuk listrik. Danone group menargetkan penggunaan 50 persen energi listrik terbarukan pada 2020 dan 100 persen pada tahun 2030.

Saat ini secara group penggunaan energi listrik terbarukan telah mencapai 34 persen pada tahun 2018 dan diperkirakan mencapai 40 persen pada tahun 2019. Selain solar panel, Danone AQUA juga mengkaji penggunaan sumber energi terbarukan lainnya termasuk sumber energi alternatif.

Beberapa inisiatif yang sudah dilakukan Danone AQUA salah satunya adalah penggunaan minyak jelantah sebagai bahan bakar diesel di salah satu pabriknya. Inisiatif lain sebagai upaya mengurangi dampak perubahan iklim Danone AQUA juga melakukan penggantian mesin-mesin yang lebih sedikit menggunakan energi, menggunakan lampu LED, mengganti konveyor listrik dengan konveyor grafitasi serta membangun pabrik dengan desain yang ramah lingkungan dengan pencahayaan dan ventilasi yang baik yang mampu mengurangi penggunaan energi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement