Jumat 15 Nov 2019 20:31 WIB

Wagub Sumbar Resmi Mendaftar Cagub ke Partai Gerindra

Wagub Sumbar juga merupakan pejabat Ketua DPD Gerindra Sumbar.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit 
Foto: Republika/Mimi Kartika
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit 

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wakil Gubernur Sumatra Barat Nasrul Abit, hari ini, Jumat (15/11) secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur Sumbar untuk Pilkada 2020 ke Partai Gerindra. Nasrul mendaftar sesuai dengan mekanisme partai, walaupun dia merupakan pejabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Sumbar.

"Walaupun saya sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, saya juga mendaftar sesuai dengan mekanisme yang berlaku buat kader partai maupun di luar partai," kata Nasrul.

Baca Juga

Nasrul Abit mendaftar ke Kantor DPD Partai Gerindra di Kota Padang didampingi puluhan pendukungnya. Nasrul membawa berkas visi misi sebagai calon gubernur serta menyerahkan formulir pendaftaran. Berkas yang diserahkan mantan Bupati Pesisir Selatan ini diterima Ketua Penjaringan Calon Kepala Daerah DPD Gerindra Sumbar Syafruddin Putra Dt Sunggono.

Nasrul mengatakan ia hanya mendaftar sebagai balon Gubernur Sumbar ke Partai Gerindra. Ia tidak berpikir mendaftar ke partai lain.

Secara hitungan matematis, Gerindra memang dapat mengusung satu pasangan calon buat Pilgub Sumbar mengingat jumlah kursi yang mereka miliki di DPRD Provinsi Sumbar lebih dari cukup.

Meski begitu, Gerindra kata Nasrul tetap membuka diri berkoalisi dengan partai lain. Karena Gerindra menurut Nasrul siap bekerja sama dengan partai lain untuk membangun Sumatra Barat menjadi lebih baik. 

"Kalau ada yang mau koalisi ya bisa saja karena posisi wakil ada, bisa dua partai bisa juga tiga partai, bisa juga banyak, ini tergantung pengarahan dari DPP," ucap Nasrul.

Syafruddin Putra Dt Sunggono mengatakan hingga hari ini, Partai Gerindra Sumbar telah menerima pendaftaran sebanyak lima orang untuk menjadi balon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Dua orang yang mendaftar sebagai balon wakil gubernur ialah mantan Bupati Kabupaten Tanah Datar Shadiq Pasadigoe dan Bupati Kabupaten Agam Indra Catri. Sementara tiga pendaftar lain melamar sebagai bakal calon gubernur yakni Mulyadi, Nasrul Abit dan Edriana.

Syafruddin menyebut pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur buat Pilkada 2020 ditutup di DPP Partai Gerindra di Jakarta hari ini pukul 24.00 WIB.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement