Selasa 12 Nov 2019 13:01 WIB

Masjid Apung Ancol, Mimpi yang Tergapai

Masjid Apung Ancol akhirnya dibangun sebagai perwujudan mimpi panjang.

Pemasangan tiang pancang masjid apung Ancol
Foto: dok. Humas Ancol
Pemasangan tiang pancang masjid apung Ancol

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Geisz Chalifah

Mengawali tugas di Ancol adalah dengan mendengar, dengan belajar pada banyak teman yang telah puluhan tahun bekerja di situ. Mendengarkan keluh kesah mereka juga beragam ide, ada yang terlaksana dan banyak pula yang tak terlaksana. Hambatan birokrasi biasanya menjadi kendala untuk sebuah gagasan walaupun orisinal dan layak dilaksanakan.

Adalah Sunarto General Manager Taman Impian dalam satu perbincangan di Pasar Seni mengatakan, "Pak, di Ancol sini kalau dibangun masjid apung bagus, Pak." Saya menyimak saja idenya tanpa memberikan persetujuan secara langsung.

Lalu tak lama kemudian Martua Hami Siregar biasa dipanggil Ucok, Ketua Serikat Pekerja Ancol yang baru saja selesai bertugas sebagai ketua serikat pekerja, dengan kepandaiannya bernegosiasi banyak masalah karyawan terselesaikan dengan baik, tanpa demo, tanpa ada yang dikeruhkan wajahnya dan solusi yang baik bagi kedua belah pihak tercapai. Berbagai keputusan direksi yang berpihak pada karyawan terwujud berkat komunikasinya yang intensif.  

photo
Masjid Terapung di kawasan wisata Ancol

Ucok juga menyampaikan gagasan yang sama agar dibangun Masjid Apung di Ancol. Saya mengendapkan sementara gagasan ataupun ide masjid apung itu yang entah sudah berapa tahun menjadi mimpi para teman-teman yang bekerja di Ancol.

Untuk fokus lebih dulu terbangunnya sebuah taman di dekat kantin untuk karyawan.

Agar gagasan terlaksana satu per satu, juga renovasi kantor-kantor di seputar Ancol yang rasanya sangat mendesak untuk segera dilakukan, kenyamanan untuk mereka bekerja merupakan hal yang sangat penting.

Belum lagi mengubah lanscape Ancol yang sudah sangat butuh peremajaan.

Beragam gagasan itu butuh dikomunikasikan dengan baik secara intensif, tak hanya diusulkan lalu terlewat begitu saja. Tak dengan cara menggurui apa lagi sekadar menyalahkan tanpa memberi solusi.

Sebuah taman yang dibuat dengan indah untuk karyawan melepas lelah adalah langkah awal yang sedang diupayakan terwujud, mengajak bicara betapa pentingnya ruang terbuka hijau, mengajak berkhayal sambil bercanda bila taman itu jadi dan terkadang perlu juga sedikit keras bila keputusan bersama sudah diambil, tapi pekerjaan tak kunjung terlaksana.

photo
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali (kanan) menghadiri acara ground breaking pembangunan Masjid Apung Ancol di Pantai Ria, Taman Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Masjid itu butuh biaya relatif besar, butuh waktu untuk membangun narasi dan argumen yang layak, rasional, tak hanya dalam konteks spritual, tapi juga ada aspek bisnis untuk disampaikan dalam rapat direksi dan komisaris. Mimpi dari teman-teman karyawan Ancol itu yang sekian bulan mengendap, menemukan argumentasi yang kuat setelah menonton tayangan iklan di sebuah bioskop yang mempromosikan sebuah merek kulkas dengan stempel halal. Gagasan itu menjadi menguat dengan argumen sosiologis tentang kelas menengah Muslim.

Memiliki gagasan adalah satu hal, tapi menyampaikan gagasan untuk disetujui dan diterima oleh banyak orang adalah hal yang lainnya lagi, butuh pendekatan yang berbeda, tak hanya hitung-hitungan bisnis, tapi juga mengajak orang lain untuk meyakini bahwa gagasan itu penting untuk diwujudkan. Mendekati satu per satu dari direksi, membicarakan disaat santai bukan dalam rapat resmi karena bila sebuah gagasan langsung disampaikan dalam rapat formal sering kali yang terjadi malah lepas dari tujuan.

Tentu saja cara berpikir direksi keuangan adalah untung rugi, berapa biaya yang dibutuhkan, kapan balik modal dan sebagainya. Butuh kemampuan bahasa bisnis untuk meyakini direksi keuangan dalam  menyampaikan sebuah gagasan, setelah mengajaknya berhitung tentang struktur bangunan, total perkiraan biaya yang dibutuhkan dan berapa peningkatan kunjungan setelah masjid itu rampung.

photo
Pekerja Mengukur pembangunan Masjid Apung Ancol di Pantai Ria, Taman Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Pak Daniel yang saat itu menjabat direksi keuangan mengatakan, "Hitungannya rasional dan menarik untuk kita bahas layak kita bicarakan dalam rapat Dirkom." Satu teryakini lalu mulailah berbicara pada penanggung jawab utama semua kebijakan, yaitu Pak Paul selaku direktur utama. Pak Paul yang akomodatif terhadap beragam ide untuk yang namanya perubahan terlebih untuk kemajuan Ancol selalu cepat merespons secara positif, terlebih bila ide tersebut rasional.

Dua direksi sudah bisa dikatakan 90 persen setuju, walaupun keduanya adalah non-Muslim, ini bukan sekedar gagasan fasilitas rumah ibadah, melainkan banyak aspek lainnya, destinasi wisata spiritual, rekam jejak sejarah perjalanan Islam di Jakarta Utara yang tentunya menarik untuk menjadi referensi sejarah dalam bentuk sebuah bangunan.

Perjalanan kemudian adalah menyosialisasikan ide pada empat direksi lainnya, mengajak bicara satu per satu dalam waktu yang berbeda. Resto Putri Duyung adalah sarana untuk berbincang berbagai macam hal tanpa formalitas. Resto itu menjadi saksi sejarah beragam keputusan terjadi sebelum diketuk dalam rapat formal. 

photo
Pekerja Mengukur pembangunan Masjid Apung Ancol di Pantai Ria, Taman Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Setelah beragam perbincangan di berbagai waktu yang berbeda, seluruh direksi menyatakan setuju dan mendukung. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mengajak orang lain berada dalam pikiran yang sama.

Membangun persamaan terhadap ide adalah adalah hal yang penting, tapi mengeksekusi gagasan jauh lebih penting, agar ide tak hanya menggantung di awang-awang. Di jajaran komisaris dari jauh hari sebelumnya sejak awal diajak bicara, Pak Rene dan Pak Trisna Mulyadi, dukungan sudah langsung didapat. Setelah yakin para pengambil keputusan akan memberikan dukungan, gagasan masjid apung diminta untuk dimasukkan dalam rapat direksi dan komisaris.

Hari bersejarah itu tiba, Rabu 27 Maret 2019, Keputusan diketuk. Masjid apung akan dibangun di Ancol.

Foto bersama dilakukan untuk menjadi cerita dimasa nanti tentang sebuah keputusan bersejarah. Dalam rapat itu pula, agar arsitek memiliki referensi dalam membuat desain masjid maka diusulkan nama Samsuddin Ch Haesy, seorang intelektual yang memiliki pemahaman sejarah dengan berbagai referensi dipilih untuk menulis sejarah perjalanan Islam di Jakarta, agar desain masjid memiliki ornamen dam bangunan yang melambangkan perjalanan sejarah masuknya Islam di kota ini.

Kesamaan terhadap ide adalah adalah hal yang penting namun mengeksekusi gagasan jauh lebih penting, agar ide tak hanya menggantung di awang-awang, butuh dorongan yang kuat dan persetujuan dari pemimpin Ibu Kota, dalam sebuah pertemuan silaturahim Idul Fitri di rumah gubernur, gagasan tentang masjid apung dan arsitekturnya didiskusikan.

Anies Baswedan menyambut baik dan memberikan berbagai tambahan saran-saran menarik dalam mewujudkannya. Nama Andra Matin arsitek utama muncul dalam perbicangan malam itu.

photo
Ketua Dewan Masjid Indonesia Jusuf Kalla bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Ground Breaking pembangunan Masjid Apung Ancol di Pantai Ria, Taman Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Rapat direksi sudah diketuk, Gubernur telah memberikan dukungan, lalu pertanyaan terakhir adalah kapan dilaksanakan?

Tanggal 28 Oktober 2019 dipilih, tapi Gubernur memiliki ide yang lebih baik. Menyarankan agar dipilih waktu tanggal 9 November 2019 yang bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sabtu sore di hari yang angin tak malas bertiup, sirene tanda dimulainya pembangunan dibunyikan, tiang pancang di tengah laut ditanamkan, 9 November 2019, sang Gubernur, bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia Muhammad Jusuf Kalla di dampingi oleh Direksi Ancol Sahir Syahali, meresmikan dimulainya pembangunan Masjid Apung Ancol.

Mimpi karyawan Ancol yang mungkin saja dari puluhan tahun lalu, adanya sebuah masjid apung di area itu insya Allah terwujudkan. Semoga pembangunan masjid ini berlangsung dengan lancar dan menjadi keberkahan bagi kita semua. Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement