Sabtu 09 Nov 2019 18:00 WIB

Masjid Apung akan Jadi Ikon Baru Ancol

Ini akan jadi tempat ibadah dengan arsitektur unik dan satu-satunya di Jakarta.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Endro Yuwanto
Pemasangan tiang pancang masjid apung Ancol.
Foto: dok. Humas Ancol
Pemasangan tiang pancang masjid apung Ancol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masjid Apung pertama di Jakarta akan segera dibangun di kawasan pantai Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Konsultan arsitek perencana Masjid Apung Ancol, Andra Matin mengatakan, proses pembangunan masjid yang akan menjadi ikon baru Ancol ini kemungkinan memakan waktu satu tahun.

Menurut Andra, masjid ini akan memiliki luas 2.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 2.500 orang jamaah. Ia yakin, masjid yang lokasinya berada di sekitar pintu masuk timur Ancol ini akan menjadi tempat ibadah yang memiliki arsitektur unik dan satu-satunya di Jakarta.

Baca Juga

Andra menjelaskan, masjid ini akan berbentuk segi lima yang merepresentasikan lima rukun Islam serta jumlah waktu shalat wajib. Tinggi masjid yang direncanakan akan mencapai 25 meter ini, disesuaikan dengan jumlah nabi yang juga berjumlah 25.

“Pada sisi luar masjid akan terdapat enam buat menara yang melambangkan rukun iman,” kata Andra saat menyampaikan sambutan di acara Ground Breaking di Jakarta, Sabtu (9/11). “Desain masjid ini kalau dari atas seperti bulan dan bintang dilengkapi enam titik berlian, dan dari luar masjid ini menyerupai bentuk kapal phinisi, kapal khas Masyarakat Bugis.”

Andra mengatakan, Ancol saat ini juga sedang menyelenggarakan sayembara gagasan desain Masjid Apung. Sayembara ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dan arsitek muda guna berkontribusi dan mengembangkan idenya dalam pembangunan Masjid Apung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement