Sabtu 16 Nov 2019 10:51 WIB

Masyarakat Didorong Tanam Tanaman Obat di Pekarangan Rumah

Menanam tanaman obat memotivasi masyarakat menerapkan pola hidup sehat.

Ilustrasi tanaman obat
Foto: Humas Kementan
Ilustrasi tanaman obat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah menyarankan masyarakat Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh mulai menanam tanaman obat-obatan keluarga di pekarangan rumah. Camat Timang Gajah Budi Nugroho mengatakan pemerintah terus berusaha mengedukasi masyarakat tentang tanaman obat keluarga di pekarangan rumah, karena dinilai sangat bermanfaat untuk kesehatan.

"Kami juga menyosialisasikan fungsi taman pangan lestari sebagai bagian dari pencegahan stunting," katanya, di Aceh Tengah, awal pekan ini.

Baca Juga

Dia menjelaskan pada Ahad lalu mengadakan lomba asuhan mandiri tanaman obat keluarga dan lomba tanam pangan lestari tingkat kecamatan. Tujuannya memotivasi masyarakat menerapkan pola hidup sehat.

"Kami memberikan stimulus dan motivasi kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan rumah secara optimal serta mengedukasi terkait jenis-jenis tanaman obat keluarga dan fungsinya," kata dia.

Dia menyampaikan dalam lomba itu masyarakat menampilkan beragam jenis tanaman obat keluarga yang dapat tumbuh di pekarangan rumah. Dia mengatakan saat melakukan penilaian juri tidak hanya melihat banyak jenis tanaman obat yang dipamerkan, tetapi juga melihat dari segi manfaat tersebut bagi kesehatan di tengah masyarakat.

"Ini untuk mendukung program pemerintah berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Kita akan terus berusaha mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu menanamkan pola hidup sehat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement