Ahad 10 Nov 2019 22:45 WIB

Kerap Tunjuk Supardi Sesi Jumpa Pers, Ini Penjelasan Pelatih

Pelatih Persib kerap memilih Supardi tampil dalam sesi jumpa pers Persib, mengapa ya?

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Konferensi pers sebelum dan setelah laga telah menjadi salah satu bagian utama dari peraturan persepakbolaan Indonesia. Jelang bergulirnya sebuah laga, setiap tim peserta dalam sebuah kompetisi akan menurunkan perwakilan pemainnya dan pelatih kepala untuk memberikan pernyataan resmi terkait persiapan maupun evaluasi tim usai laga.

Namun akhir-akhir ini, Persib Bandung rupanya menerapkan gaya baru dalam sesi konferensi persnya. Belakangan ini, sang kapten, Supardi Nasir menjadi pemain yang paling sering memberikan pernyataan resmi kepada awak media.

Sedianya dari berbagai musim hingga putaran pertama Liga 1 2019 lalu, para pemain Persib biasanya bakal bergantian menjadi narasumber di sesi konferensi pers baik sebelum ataupun sesudah laga. 

Menjawab rasa penasaran tersebut, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts rupanya membeberkan alasan kenapa dirinya selalu menunjuk Supardi sebagai perwakilan pemain dalam setiap sesi jumpa pers di beberapa waktu terakhir.

"Saya tidak mau memberatkan pemain lainnya karena prematch prescon cuma terjadi di Indonesia. Normalnya hanya ada jumpa pers di latihan terakhir sebelum pertandingan di lapangan," ungkap Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (10/11/2019). 

Di sisi lain, pelatih asal Belanda itu juga menjelaskan, sebagai tugasnya memegang ban kapten, Supardi pun bersedia mewakili para pemain dalam sesi jumpa pers. Meski sedianya, Robert menilai sesi jumpa pers sebelum dan setelah laga adalah agenda yang bisa ditiadakan. Dia mencontohkan, di Liga Eropa, sesi jumpa pers biasanya hanya dilakukan usai sesi latihan terakhir tim lantaran cukup menyita waktu dan persiapan para pemain.

"Dan di Indonesia kita punya kewajiban dan menyita waktu. Jadi saya tidak mau ganggu pemain, Supardi menerima hal itu dan dia adalah kapten tim. Tapi sebenarnya itu adalah hal yang sangat menyita waktu di mana prematch prescon cuma ada di liga indonesia. Dalam Liga di Eropa tidak ada prematch prescon karena itu menyita waktu," ujarnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement