Rabu 06 Nov 2019 09:35 WIB

RS Azra Menggelar Donor Darah Bersama PMI

Manfaat donor darah antara lain meningkatkan metabolisme tubuh.

RS Azra bersama PMI menggelar kegiatan donor darah
Foto: Rs Azra
RS Azra bersama PMI menggelar kegiatan donor darah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Donor darah atau transfusi darah sudah menjadi kegiatan yang lumrah dan banyak dilakukan masyarakat yang tujuannya sangat mulia. Selain menolong bagi yang membutuhkan darah, juga memberikan banyak manfaat kesehatan bagi para pendonor. Diantaranya mengurangi risiko terkena kanker, dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak semua orang dapat memberikan dan menerima darah, semua ada proses pemeriksaannya terlebih dahulu untuk memastikan pendonor dalam kondisi yang fit. Serta bagi penerima donor apakah darah yang didonorkan sudah sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kegiatan donor darah, Senin (4/11), merupakan perdana bagi RS Azra menyelenggarakan di hari kerja. ”Awalnya kami sempat pesimis karena sudah terbiasa running di Sabtu weekend, tapi ternyata antusiasnya ramai sekali,” ujar Riandy Adha selaku panitia penyelenggara.

Terbukti dengan daftar hadir yang terisi mencapai 64 peserta, terdiri dari masyarakat umum di wilayah Bogor dan sekitarnya serta pegawai RS Azra yang berkumpul di Ruangan Training Center di Gedung B Lantai 1 RS Azra dengan sukarela mendonorkan darahnya. “Donor Darah di RS Azra menyenangkan, tempatnya nyaman. Saya sebagai pekerja merasa waktu penyelenggaraannya pas, bisa sambil menyempatkan disela-sela waktu kerja,” ucap Metri salah satu pendonor darah.

Menurut informasi kegiatan di mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Namun sampai dengan pukul 11.00 WIB kuota kantong darah yang dibutuhkan sudah terpenuhi, sehingga mengharuskan pendaftaran ditutup.

Dilihat dari data yang terkumpul sebanyak 48 orang berhasil melakukan pendonoran darah, dan sebanyak 16 orang yang belum bisa mendonorkan darah dengan berbagai alasan. Diantaranya seperti HB rendah/tinggi, tekanan darah rendah, pascarawat/operasi, dan beberapa alasan lainnya.

photo
RS Azra bersama PMI menggelar kegiatan donor darah

Seperti kegiatan donor darah sebelumnya yang sudah biasa dilakukan oleh RS Azra dengan PMI Bogor, panitia selalu menginformasikan jenis darah yang dibutuhkan dalam kegiatan donor darah. Kali ini semua jenis darah (A, B, AB dan O) dipersilahkan untuk mendonorkan darah dengan kapasitas maksimum 50 kantong darah dari jumlah keseluruhan.

Dan adapula penghargaan yang akan diberikan kepada pendonor yang sudah melakukan donor darah, dari mulai 10 kali, 25 kali, 50 kali, sampai dengan 100 kali. Salah satu peserta donor darah kali ini di RS Azra ada yang mendapatkan penghargaan karena sudah melakukan 25 kali donor darah dengan sukarela, yaitu dr. Darmawan.

“Manfaat donor darah selain membuang darah-darah yang sudah habis masa fungsinya, akan ada produksi darah baru, meningkatkan metabolisme tubuh,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement