Rabu 06 Nov 2019 09:02 WIB

Keren, Pemkot Sukabumi Keluarkan Kredit tanpa Agunan UMKM

Pemkot Sukabumi memberikan bantuan kredit tanpa agunan bagi UMKM.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

SUKABUMI, AYBANDUNG.COM--Pemerintah Kota Sukabumi berupaya membantu pengembangan dan peningkatan kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Caranya dengan memberikan bantuan kredit tanpa agunan.

Kami tengah mengkaji penyaluran kredit tanpa agunan untuk UMKM,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Balai Kota Sukabumi, Selasa (5/11/2019).

Nama program tersebut adalah anti nginjem ke rentenir (Anyelir). Anyelir kata Fahmi adalah penyediaan jasa keuangan yang disalurkan pada seluruh warga sesuai dengan kebutuhannya. Program ini sebagai upaya meningkatkan kesetiakawanan sosial dan menghindarkan warga dari jeratan rentenir.

Menurut Fahmi, saat ini mekanisme penyaluran sedang dikaji dan inginnya pemberian dana bergulir tidak menggunakan agunan. Sebab, kalau dititipkan ke BPR atau bank daerah harus tetap ada agunan. Padahal ingin UMKM kecil tidak pakai agunan, apalagi untuk pelaku usaha baru.

Fahmi menerangkan, bentuk kelembagaan apa yang digunakan untuk penyaluran kredit tanpa agunan kini masih dibahas. Apakah dititipkan ke koperasi atau lembaga sejenis,’’ kata dia.

Targetnya lanjut Fahmi, sebelum Desember 2019 kajian ini sudah selesai dan bisa launching pada akhir 2019. Sehingga program ini bisa dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM.

Khususnya lanjut Fahmi, para UMKM yang diina dalam program Sukabumi Kelurahan Entrepreneurship Center (Kece). Di mana ketika mereka selesai dididik dan dibina akan diarahkan untuk mendapatkan bantuan program kredit Anyelir.

Berikutnya kata Fahmi, produk dari UMKM tersebut akan ditampung dalam program lanjutan yakni Little Sukabumi City. Saat ini program tersebut sudah dikerjasmakan dengan perantau Sukabumi di Batam. Nantinya produk UMKM Sukabumi bisa dipasarkan di daerah lain seperti Batam, Bali dan lain sebagainya.

Salah seorang pelaku UMKM Sukabumi, Rahmat (24) mengatakan, program kredit tanpa agunan yang digagas pemkot akan sangat membantu pelaku UMKM yang baru merintis usaha. Banyak yang kekurangan modal untuk berusaha dan bila jadi dilaksanakan maka sangat membantu masyarakat,’’ ucap dia.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement