Selasa 05 Nov 2019 15:26 WIB

Tim Basarnas Selamatkan Pendaki Gunung Gamalama

Pendaki tersebut dievakuasi karena kakinya terkilir.

Puncak Gunung Gamalama.  (Antara/Widodo S. Jusuf)
Puncak Gunung Gamalama. (Antara/Widodo S. Jusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, TERNATE -- Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama tim gabungan berhasil menemukan korban pendaki Gunung Gamalama dalam kondisi selamat bernama Agung Kurniawan (19 tahun), warga Kelurahan Sangaji Kota Ternate.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengatakan, pada 3 November 2019 sekitar 12.30 Wita lalu, sebanyak delapan orang pendaki bergerak turun ke kampung setelah melakukan kamp di puncak Gamalama. Di tengah perjalanan turun, salah satu pendaki mengalami cedera kaki karena terkilir sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Baca Juga

Tetapi, dari informasi yang diterima tim Basarnas pada Ahad (3/11) melalui Basri, salah satu rekan mereka mengalami cedera kaki saat turun dari puncak Gunung Gamalama. Rekan korban bernama Basri lalu menghubungi Kantor Basarnas Ternate untuk meminta bantuan evakuasi terhadap korban.

Setelah menerima informasi dan melakukan koordinasi, satu tim Basarnas Ternate langsung bergerak menuju LKP untuk melakukan evakuasi. Sampai di titik lokasi korban tim SAR gabungan langsung melakukan pertolongan pertama kepada korban dengan menggunakan peralatan medis dan tandu.

Korban mengalami cedera kaki dan hipotermia. Kondisi medan dan evakuasi dilakukan pada malam hari membuat proses evakuasi agak sedikit terhambat. Pukul 22.35 Wita tim SAR gabungan sampai di Desa Marikrubu. Selanjutnya korban dievakuasi ke kediaman keluarganya dan tiba pada pukul 22.58 Wita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement