Senin 04 Nov 2019 06:05 WIB

Risma Dorong Anak Surabaya Gemar Makan Ikan

Ikan memiliki kandungan yang bisa mencerdaskan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil
Daging Ikan (ilustrasi).
Foto: nathzmhardika.blogspot.com
Daging Ikan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendorong anak Surabaya gemar makan ikan lewat kampanye gerakan Aisumaki (Anak Indonesia Suka Makan Ikan) yang diinisiasi Lembaga Manajemen Infaq (LMI). Menurutnya anak-anak di Surabaya perlu didoroang agar gemar makan ikan, karena memiliki kandungan yang bisa mencerdaskan generasi masa depan.

“Kenapa harus makan ikan, karena di dalam ikan ada unsur-unsur yang akan membantu kecerdasan kita, membantu kita mudah belajar, mudah konsentrasi dan mudah menerima masukan yang baik,” kata Risma di Surabaya, Ahad (3/11).

Baca Juga

Wali kota perempuan pertama di Surabaya itu menjelaskan, dalam kandungan ikan terdapat sumber protein dan omega 3 yang baik untuk tumbuh kembang tubuh dan kecerdasan anak. Maka dari itu, kata dia, dorongan agar anak-anak gemar makan ikan harus dikampanyekan, demi melahirkan generasi muda yang cerdas.

“Kalau di usia kalian gemar makan ikan, maka kalian akan bisa cerdas. Kalau kalian cerdas dan pintar maka kalian bisa berhasil dan sukses,” ujar Risma.

Menurutnya, walaupun warisan genetik turut berpengaruh terhadap kecerdasan anak, namun kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi berpengaruh lebih besar. Untuk itulah, anak-anak harus didorong menkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, termasuk ikan. Apalagi, ada kandungan omega 3 yang akan berpengaruh dalam pembentukan Intelligence Quotient (IQ).

“Ikan itu lemaknya sedikit, tapi dia ada kandungan omega 3 yang dapat membuat orang bisa cerdas,” ujar Risma menegaskan.

Presiden UCLG Aspac ini menilai, perkembangan kecerdasan ini sangat diperlukan. Mengingat di era globalisasi ini persaingan semakin ketat. Terlebih, pemerintah telah mencanangkan industri 4.0 yang menuntut kreativitas dari sumber daya manusia yang dimiliki.

“Jika kalian bisa sukses dan berhasil, maka kalian juga bisa membantu adik-adik kalian, keluarga kalian, bahkan juga tetangga kalian,” kata Risma.

Aisumaki merupakan program LMI yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa melalui gizi. Kampanye ini sekaligus menjadi program pemberdayaan usaha kuliner olahan ikan. Secara berkelanjutan, LMI terus berupaya menggalakkan penyuksesan kampanye agar masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi ikan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement