Selasa 29 Oct 2019 15:43 WIB

Mobil Baru Menteri Siap Digunakan November

Toyota Crown 2.5 HV G Executive Hybrid siap digunakan oleh para menteri

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani
Belasan Mobil Dinas baru Toyota Crown HV 2.5 G-Executive terparkir di halaman parkir Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta (29/10).
Foto: Arif Satrio Nugroho
Belasan Mobil Dinas baru Toyota Crown HV 2.5 G-Executive terparkir di halaman parkir Kompleks Parlemen RI, Senayan, Jakarta (29/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 101 unit mobil baru jenis Toyota Crown 2.5 HV G Executive Hybrid siap digunakan oleh para menteri dan pejabat setingkat menteri pada pertengahan November 2019 mendatang. Hal ini dikonformasi oleh Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Setya Utama kepada wartawan, Selasa (29/10). Setya menyampaikan bahwa mobil baru tersebut sudah tiba di Indonesia dan sedang tahap pengecekan dan penyelesaian administrasi.

"Kemungkinan (serah terima) pertengahan November, agar bisa bersamaan menyerahkannya," jelas Setya.

Setya sendiri tidak mempermasalahkan bila ada menteri yang memilih menggunakan mobil pribadinya ketimbang mobil dinas. Meski begitu ia menyarankan para menteri dan pejabat setingkat menteri untuk tetap memanfaatkan hak mereka dalam penggunaan mobil dinas.

"Untuk acara kenegaraan sebaiknya mereka pakai, untuk memudahkan akses, dikenali oleh petugas kemanan," katanya.

Sedangkan mobil baru yang akan dikendarai Presiden Jokowi baru selesai produksi akhir Desember dan tiba di Indonesia pada Januari tahun depan. Catatan Republika, pemerintah menyiapkan dana pagu sebesar Rp 152,5 miliar dari APBN. Ada 41 satu peserta yang ikut dalam proses lelang ini.  Dari 41 peserta tersebut, hanya empat peserta lelang yang memenuhi kualifikasi administrasi. Lelang tender ini dimenangi PT Astra International Tbk-Tso dengan harga Rp 147,2 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement