Senin 28 Oct 2019 20:09 WIB

BPJS Kesehatan Bandung Gelar Goes To Customer

Langkah strategis untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya program JKN-KIS.

BPJS Kesehatan Bandung Gelar  Goes To Customer
BPJS Kesehatan Bandung Gelar Goes To Customer

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG-- BPJS Kesehatan Cabang Bandung kembali menyapa peserta JKN-KIS melalui Kegiatan BPJS Kesehatan Goes to Customer yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut bertempat di Kelurahan Malabar Kecamatan Lengkong Kota Bandung dengan diikuti oleh 80 peserta PBI APBN.  Sebelumnya, BPJS Kesehatan Cabang Bandung telah menggelar kegiatan Goes to Customer kepada beberapa segmen kepesertaan antara lain sosialisasi di beberapa Badan Usaha untuk peserta PPU-Swasta, peserta PPNPN di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM dan peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) di Kelurahan Cibuntu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Lurah Malabar Roaida Thalib mengatakan masih banyak masyarakat yang belum mangetahui terkait penyelenggaraan Program JKN-KIS, baik apa yang bisa didapatkan hingga kewajiban seperti membayar iuran. Dengan adanya kegiatan BPJS Kesehatan Goes to Customer ini, ia menambahkan bahwa warga akan terpapar semua informasi mengenai penyelenggaraan Program JKN-KIS sehingga apa yang menjadi pertanyaan masyarakat akan terjawab penuh di kegiatan tersebut.

''Kami menyambut baik kagiatan ini. Alhamdulillah, dengan mendengar langsung program-program yang disampaikan tadi, dapat menjawab apa yang menjadi pertanyaan kami. Dengan adanya sosialisasi seperti ini, warga menjadi paham tidak hanya masalah hak dan kewajiban tetapi juga prosedur dan tata cara pemanfaatan JKN-KIS. Termasuk jika menemui kendala saat pelayanan, masyarakat menjadi tahu bagaimana harus menyampaikan keluhan,'' papar Roaida dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin (28/10).

Warga Kelurahan Malabar sangat antusias menerima informasi yang disampaikan oleh BPJS Kesehatan. Roaida berharap, dengan banyaknya masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut, seluruhnya menjadi paham akan Program JKN-KIS. Kedepannya, kegiatan serupa dapat rutin dilaksanakan. Ia pun mengungkapkan, pihak kelurahan siap mendukung dan memfasilitasi jika nantinya akan diadakan sosialisasi lagi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bandung Mokhamad Cucu Zakaria menyampaikan bahwa kegiatan BPJS Kesehatan Goes to Customer merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya program JKN-KIS. Ia menambahkan bahwa masyarakat perlu diberikan informasi terkait Program JKN-KIS. Sehingga jika mereka mengalami kendala dilapangan, masyarakat sudah tidak merasa bingng harus berbuat apa dan mereka sudah mengerti apa yang seharusnya dilakukan.

''Kita memilih Kelurahan Malabar karena sebagian besar masyarakatnya terdaftar di segmen peserta PBI, tentunya sangat membutuhkan informasi dan pemahaman. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami sosialisasikan terkait layanan administratif, layanan pemberian informasi, dan layanan penanganan pengaduan. Sehingga apabila peserta sudah paham dan menemukan kendala di lapangan, maka mereka tahu harus kemana dan seperti apa,'' ungkap Cucu. ril

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement