Senin 28 Oct 2019 17:01 WIB

Kabupaten Tasikmalaya Kekurangan Rumah Sakit

Kabupaten Tasik hanya memiliki 1 Rumah Sakit dengan 241 bed

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Tempat tidur di Rumah Sakit Kabupaten Tasikmalaya
Tempat tidur di Rumah Sakit Kabupaten Tasikmalaya

SINGAPARNA, AYOBANDUNG.COM – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya memiliki jumlah penduduk 1.747.318 jiwa yang tersebar di 39 Kecamatan. Jika melihat dari jumlah penduduk itu, Pemkab Tasikmalaya masih kekurangan Rumah sakit. Hal ini mengacu pada aturan WHO dimana idealnya jumlah bed di Kabupaten Tasikmalaya 1:1000. Artinya untuk 1 bed digunakan untuk 1000 orang.

“Kalau jumlah penduduk kita saat ini 1,7 juta, berarti masih kekurangan 1700 bad. Itu jika mengacu pada ketentuan WHO, “ kata Kabid Kemedikan RS Singaparna Medika Citrautama dr Iman Firmansyah melalui sambungan telepon.

Saat ini, kata Iman, Pemkab Tasikmalaya baru memiliki satu rumah sakit dengan jumlah 241 bed. Tentunya jumlah itu sangat kurang mengingat jumlah penduduk Kabupaten Tasikmalaya yang berobat ke rumah sakit sangat banyak.

Menanggapi kondisi itu, Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengatakan pihaknya berencana membentuk 2.300 posyandu dan 1 rumah sakit di wilayah selatan Tasikmalaya. Langkah ini merupakan upaya pemerataan pembangunan dan kemudahan akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima.

“Karena kesehatan itu sangat penting, pelayanan kesehatan harus prima kepada masyarakat dan kami rencanakan membangun satu rumah sakit untuk menjangkau masyarakat di wilayah selatan, “ pungkas Ade.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement