Rabu 23 Oct 2019 17:54 WIB

Pemadaman Api di Gunung Ciremai Kuningan Terus Dilakukan

BPBD Kuningan masih terus melakukan upaya pemadaman kebakaran di Ciremai.

Rep: Lilis Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi.
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN – Api yang menyala di hutan Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, masih belum padam, Rabu (23/10) pukul 17.00 WIB. Upaya pemadaman terus dilakukan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, menjelaskan, api awalnya terlihat di Gunung Ciremai Blok Situmpuk, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Senin (21/10) pukul 10.00 WIB. Di hari yang sama pukul 16.46 WIB, api sudah memasuki Gunung Ciremai wilayah Kabupaten Kuningan.

Hingga Rabu (23/10) pukul 17.00 WIB, api masih menyala dan mengarah ke Gunung Dulang, Kabupaten Kuningan. ‘’Upaya pemadaman kebakaran masih terus kami lakukan,’’ ujar Agus, Rabu (23/10).

Untuk personel yang terlibat dalam penanganan kebakaran hutan Gunung Ciremai Kabupaten Kuningan, berjumlah 41 orang. Mereka merupakan petugas maupun relawan.

‘’Angin yang bertiup kencang ditambah keterbatasan SDM dan susahnya sinyal komunikasi, menjadi kendala dalam upaya pemadaman,’’ kata Agus.

Agus menyebutkan, luas lahan yang telah terbakar hingga saat ini diperkirakan ada sekitar 100 hektare. Adapun vegetasi yang terbakar berupa semak dan ilalang.

Seperti diketahui, Gunung Ciremai berada di dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Di musim kemarau ini, kebakaran pernah terjadi beberapa kali di gunung tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement