Sabtu 19 Oct 2019 14:35 WIB

H-1 Pelantikan Presiden, Polres Cirebon Sisir Pantura dan Gereja

Petugas menyasar barang bawaan penumpang seperti senjata api dan senjata tajam.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- Sehari menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden RI, Polres Cirebon menyisir jalur Pantura dan tempat ibadah seperti gereja sebagai antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, Sabtu (19/10/2019).

Penyisiran dilakukan dengan menghentikan sejumlah kendaraan umum maupun pribadi yang melintasi jalur pantura Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Dalam operasi itu, petugas di antaranya menyasar barang bawaan penumpang, seperti senjata api, senjata tajam, maupun benda berbahaya lain, semisal minuman beralkohol dan narkoba.

AYO BACA : Polisi Tangkap 22 Orang Rencanakan Kerusuhan Pelantikan Presiden

 

Tak hanya menyasar kendaraan yang melintas di jalur pantura, aparat kepolisian juga menyisir sejumlah tempat ibadah, salah satunya gereja. 

Diketahui, pelantikan presiden dan wakilnya dilaksanakan pada Minggu bertepatan dengan ibadah kebaktian umat Nasrani di gereja-gereja.

"Patroli dan operasi ini untuk mencegah dan meminimalisir tindak kejahatan atau tindakan yang dapat mengganggu kamtibmas di Kabupaten Cirebon, terutama jelang pelantikan presiden dan wakil presiden RI pada Minggu (20/10/2019) esok," terang Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto.

AYO BACA : Perdana Menteri Malaysia Mahathir Akan Hadiri Pelantikan Jokowi

Peningkatan kewaspadaan tengah dilakukan pihaknya, terutama terhadap pergerakan massa maupun kelompok-kelompok yang ingin menggagalkan pelantikan. 

Pingkatkan kewaspadaan juga dilakukan pada piket Makopolres terkait telah diamankannya sejumlah terduga teroris oleh Tim Densus 88 Anti Teror di wilayah hukum Polres Cirebon.

Meski dalam situasi di mana kewaspadaan ditingkatkan, dia meminta setiap aparat kepolisian tetap memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Selalu berikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Cirebon, dengan mengedepankan Polisi yang profesional, modern, dan terpercaya (promoter)," tegasnya.

Jajarannya juga diminta melakukan tindakan preemtif dan preventif pencegahan, melalui kehadiran aparat serta kendaraan dinas Polri di tempat pengamanan maupun publik.

AYO BACA : Bawa Tamu Negara, Para Sopir Mobil Pelantikan Presiden Dilatih Khusus

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement