Jumat 11 Oct 2019 19:45 WIB

Setiap Sejam, 3 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Lalin

Di Indonesia rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakan lalu lintas.

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fakta miris terjadi di jalan raya di tanah air. Menurut data kepolisian, di Indonesia rata-rata 3 orang meninggal setiap jam akibat kecelakan lalu lintas (lalin). Data tersebut juga menjelaskan bahwa 61 persen kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Meliputi kemampuan dan karakter pengemudi.

Dari faktor kemampuan dan karakter tersebut paling tinggi melibatkan pengendara di bawah umur yang belum waktunya memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Jumat (11/10/2019), menjelaskan, tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan remaja dibawah umur, khususnya pengendara sepeda motor telah menimbulkan keprihatinan banyak pihak.

Berbagai upaya kemudian dilakukan pihak terkait untuk membangun disiplin berkendara di jalan raya. Salah satunya seperti yang dilakukan Ditlantas Polda Jateng dan Satlantas Polres Sukoharjo melalui Road Show Bus Zebra Cendekia di SMP N 3 Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Kamis (10/10/2019).

“Berbagai kegiatan seperti safety riding, game pengenalan rambu lalu lintas dan pelatihan singkat tentang kedisiplinan berlalu lintas,” jelas dia.

Bus Polda Jateng ini merupakan yang pertama kali dilengkapi game edukasi berlalulintas. Melalui kegiatan road show di berbagai wilayah di Jawa Tengah ini diharapkan angka kecelakaan lalulintas semakin berkurang.

The post appeared first on Joglosemar News.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement