Jumat 11 Oct 2019 04:15 WIB

Ridwan Kamil Menjamu 71 Warga Jabar dari Wamena

Warga Jabar sebelumnya dipulangkan dengan pesawat komersial dari Wamena

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjamu 71 warga dari Wamena
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjamu 71 warga dari Wamena

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah melalui sejumlah prosedur pemulangan, akhirnya sebanyak 71 warga asal sejumlah daerah di Jawa Barat yang sempat terjebak kerusuhan di Wamena, Papua berhasil kembali. Mereka yang dipulangkan menggunakan pesawat komersial tiba di Gedung Pakuan, Bandung.

Kepulangan mereka melibatkan koordinasi dari sejumlah pihak meliputi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Baznas Jawa Barat hingga tim Daarut Tauhid Peduli. Setelah duduk beristirahat sejenak, para warga menikmati santap malam sembari mendengarkan sejumlah sambutan dari pihak yang terlibat pemulangan.

AYO BACA : Kisah Korban Kerusuhan Wamena, Dikeroyok dan Motor Dibakar

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sempat berbincang dengan beberapa warga perwakilan di atas panggung. Dirinya mengatakan memiliki kewajiban untuk memastikan warganya aman.

"Saya atas nama pemerintah provinsi sudah tugasnya mengurusi masalah warganya. Kalau bapak ibu sedih, saya juga seih. Waktu ada kabar kejadian di sana (Wamena), saya juga sempat dag-dig-dug," ungkap Emil, sapaan akrabnya.

AYO BACA : Pemprov Koordinasi dengan Pusat Pantau Warga Jabar di Wamena

Dirinya mengatakan, nantinya para warga tersebut masing-masing akan dipulangkan ke daerah asalnya. Namun, mayoritas warga Jabar yang tinggal di Wamena menyatakan tetap ingin bertahan di sana.

"Akan kami serah-terimakan ke Dinas Sosial kabupaten/kota masing-masing. Mayoritas tetap ingin bertahan di Wamena, sebagian ingin kembali, dua-duanya kita fasilitasi dan pastikan mereka tidak terlantar," ungkapnya.

Emil menyatakan, banyak di antara warga yang memilih pulang yang masih mengalami trauma. Sehingga, pekan ini pihaknya akan berfokus melakukan trauma healing.

Selain itu, dirinya juga berharap kondisi di Wamena pulih seperti sedia kala. Dia mengatakan akan membantu kebutuhan warga Jabar yang masih berada di sana. Termasuk para warga dan pelajar Papua yang berada di Jawa Barat.

"Ada kesedihan pribadi terhadap situasi di Wamena, saya doakan mudah-mudahan cepat pulih. Kita kembali membangun sama-sama. Kita warga Jabar sangat mencintai Papua, dan kalau ada kebutuhan apa-apa kita support, termasuk warga Papua di Jawa Barat. Kami pastikan rasa aman dan nyamannya," ucapnya.

AYO BACA : Anggota Paguyuban Sunda Pilih Bertahan di Wamena

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement