Jumat 04 Oct 2019 22:07 WIB

Ini Harapan Warga Banggai kepada Wagub Sulteng yang Baru

Harapan itu terkait proses percepatan rekonstruksi dan pembangunan di Sulteng.

Suasana acara ramah tamah Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusli DG Palabbi.
Foto: Dok Panitia
Suasana acara ramah tamah Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusli DG Palabbi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGGAI – Sekitar 2.000 orang menghadiri acara ramah tamah Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H Rusli DG Palabbi, SSos, SH, MH di Desa Kayutanyo, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai,  pekan silam.  Acara bertajuk “Ramah Tamah Bersama Pemerintah Kabupaten Banggai dan Masyarakat” itu sekaligus sebagai syukuran atas amanah yang diterima Rusli DG Palabbi yang merupakan putra kelahiran Banggai. Politisi PAN itu dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara sekitar sebulan yang lalu.

Acara ramah tamah itu juga dihadiri wakil ketua DPRD Banggai.  “Wakil Gubernur Sulteng, H Rusli DG Palabbi akan memberikan  memberikan harapan baru untuk proses percepatan rekonstruksi dan pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah,” kata Ketua Panitia Pelaksana Acara Ramah Tamah, Iman M Pampawa  dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (2/10).

Ia menambahkan, masyarakat yang hadir mempertanyakan proses perbaikan ruas jalan  provinsi khususnya di wilayah Kabupaten Banggai yang kondisinya rusak parah.  "Begitu juga kemajuan  rekonstruksi  pasca gempa yang dalam pemberitaan media masa di rasa cukup lambat dan tidak sesuai target," ujarnya.

Wagub Rusli memberikan tanggapan bahwa saat ini pemerintah daerah terus menggenjot pembangunan huntab untuk masyarakat pengungsi yang rumahnya hancur akibat gempa, tsunami dan likuifaksi.  Terkait dengan perbaikan infrastruktur jalan provinsi di Kabupaten Banggai yang belum tertangani hingga saat ini karena terbatasnya anggaran yang ada di provinsi, Rusli akan membantu dan memberikan terobosan dalam proses rekonstruksi ini.

Salah satu programnya adalah KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha). “Dalam hal ini, partisipasi swasta dan pemerintah harus beriringan. Bahkan ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan pemerintahan bersih,” ujarnya.

Ia menambahkan,  KPBU juga memilik 19 sektor yang bisa dikerjasamakan. Dalam hal ini,  infrastruktur adalah hal yang utama.

Seorang warga bernama Imam mengatakan harapannya kepada Rusli.  “Kehadiran Wagub ini telah memberikan semangat baru bagi kami. Wagub Rusli merupakan refleksi kami dari Timur. Saya yakin dan memberikan kepercayaan penuh kepada Pak Rusli.  Insya  Allah Sulteng  bisa menyejajarkan diri dengan provinsi lainnya di Sulawesi,” tuturnya.

Dalam sambutan terakhirnya Rusli mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi dan penyambutan masyarakat Banggai. “Insya Allah,  atas izin Allah,  amanat ini  saya pegang dengan benar,sungguh-sungguh dan bersih,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement