Kamis 03 Oct 2019 20:08 WIB

Bamsoet Didukung 8 Fraksi dan DPD, Gerindra Sendiri

Gerindra enggan menyerah dan optimistis mampu mengembalikan keadaan.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menyatakan dukungannya untuk Bambang Soesatyo dalam pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menyatakan dukungannya untuk Bambang Soesatyo dalam pemilihan Ketua MPR periode 2019-2024, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang berlangsungnya musyawarah penentuan Ketua MPR RI, dukungan kepada Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR RI periode 2019-2024 makin bertambah. Kelompok DPD RI di MPR RI menyatakan dukungannya kepada Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR RI.

Dukungan DPD RI melengkapi dukungan dari delapan fraksi sebelumnya untuk politikus Partai Golkar tersebut. Sementara Partai Gerindra masih bertahan mengusung Ahmad Muzani sebagai kandidat ketua.

Baca Juga

DPD RI melalui Fadel Muhammad sudah menyerahkan surat tertulis. Surat itu berisikan dukungan untuk Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI.

"Kami Kelompok DPD RI menyatakan dukungan kepada bapak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI dan pimpinan MPR RI untuk wakil dari unsur DPR RI adalah Fadel Muhammad," kata Ketua Kelompok DPD Intsiawati Ayus di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Dia mengatakan pertimbangan Kelompok DPD RI memberikan dukungan kepada Bamsoet lebih pada komitmen ke depan antara DPD RI dengan Fraksi Partai Golkar. Menurut dia, kalau dengan MPR RI ingin bekerjasama yang baik karena MPR merupakan "rumah" bagi DPD dan DPR.

"Kalau saya nyatakan dukungan khusus kepada Golkar itu tidak lain lebih karena kami ingin mempertajam lagi kemitraan antar-lembaga dalam kinerja karena kinerja di parlemen ini untuk legislasi dan aspirasi," ujarnya.

Sekretaris Kelompok DPD Abraham Liyanto mengatakan Kelompok DPD sudah memberikan dukungan kepada Bamsoet dan diharapkan pemilihan Ketua MPR RI dengan mengutamakan musyawarah mufakat. Dia mengatakan musyawarat mufakat itu diharapkan terjadi dalam pemilihan Ketua MPR RI.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR yang diutus PKB, Jazilul Fawaid, menyebut, lobi antarfraksi sudah 80 persen menyepakati Bamsoet sebagai Ketua MPR. "Mayoritas fraksi ingin pemilihan pimpinan MPR dengan musyawarah mufakat," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen RI, Jakarta.

Jazilul menegaskan PKB mendukung Bamsoet. Ia mengatakan, tidak ada partai lain yang memiliki perbedaan sikap terkait usulan Bamsoet sebagai Ketua MPR RI. "Tidak ada," kata dia. 

Sekretaris Jenderal Nasdem Johnny G Plate juga mengklaim delapan fraksi sudah solid mendukung Bamsoet. Dengan demikian, tugaz selanjutnya tinggal melakukan musyawarah membulatkan dukungan dan menentukan Bamsoet sebagai Ketua MPR. 

"Seluruh fraksi koalisi ditambah demokrat, PKS, PAN solid mendukung Pak Bambang Soesatyo. DPD juga mendukung pak Bambang," ujar Plate. 

Plate meyakini, pengambilan keputusan tetap akan menggunakan Pasal 19 ayat 6 UU MD3, yaitu musyawarah untuk mufakat. Menurut dia, Bamsoet akan tetap memenangi kontestasi meski pemilihan melalui voting.

Sebab, dukungan sudah mencapai hampir 90 persen. "Kalau mengacu pasal 19 ayat 8 yaitu voting. Saya kira sudah tahu, sudah bisa perkirakan," ujar Plate. 

Politikus Gerindra Habiburrokhman menyatakan, partainya enggan menyerah begitu saja. Ia mengatakan, Gerindra masih optimistis mampu mengembalikan keadaan

"Enggak lah belum lah. Jadi kita masih terbuka semua ya kan dan resminya kan diputuskan di ruangan ini. Jadi masih terbuka kemungkinan," ucap Habiburrokhman. 

Fraksi Gerindra, termasuk Muzani, diketahui telah berkunjung ke kediaman Ketua Umum Prabowo Subianto di Kartanegara. Mereka terus mengkomunikasikan perkembangan lobi politik dengan Prabowo Subianto. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement