Kamis 03 Oct 2019 19:54 WIB

Selain Delapan Fraksi, DPD Juga Diklaim Dukung Bamsoet

Bambang Soesatyo jadi calon kuat ketua MPR.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Bambang Soesatyo
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Bambang Soesatyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak delapan fraksi partai politik mendukung Bambang Soesatyo untuk menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. Tinggal Fraksi Partai Gerindra yang masih teguh mendukung Ahmad Muzani mengisi posisi tersebut.

"Semua fix, PDIP, tentu Golkar, Gerindra belum, lalu Nasdem, PKB, Demokrat, PAN, dan PPP. Lalu PKS," ujar Ketua Fraksi Partai Golkar di MPR Zainuddin Amali di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10).

Baca Juga

Bamsoet juga sudah mendapatkan dukungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Kesepakatan tersebut terjadi saat rapat fraksi yang digelar sejak siang tadi.

"Kami DPD RI menyatakan dukungan kepada Bapak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI dan pimpinan MPR RI untuk wakil dari unsur DPD adalah Bapak Fadel Muhammad," ujar Ketua Kelompok DPD Intsiawati Ayus.

Ayus menjelaskan, DPD mendukung penuh Bamsoet untuk menjadi Ketua MPR. Itu semua merupakan bentuk komitmen mereka dalam menguatkan lembaga tersebut.

"Dengan MPR RI tentu kita ingin bekerja sama yang baik, karena rumah MPR ini terdiri dari DPD dan DPR. Keinginan kami bersanding elok antara DPD dan DPR dalam rumah besar MPR," ujar Ayus.

Ditanya soal lima syarat yang diajukan oleh Fadel Muhammad sebelumnya, Zainuddin menjelaskan bahwa itu mungkin syarat pribadi dari senator asal Gorontalo itu. Sebab, DPD sudah menyatakan dukungannya tanpa syarat.

"Beliau (Fadel) sampaikan, sebagai keluarga Golkar ya kami dengarkan. Tapi yang resmi, lihat kan suratnya? Hanya mencalonkan Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR dan Pak Fadel sebagai Wakil Ketua MPR," ujar Zainuddin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement