Senin 30 Sep 2019 19:54 WIB

Pemadaman Kebakaran Gunung Arjuno Capai 80 Persen

petugas masih akan terus berupaya memadamkan api dan asap yang tersisa.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Andi Nur Aminah
Petugas masih berupaya memadamkan api kebakaran di Gunung Arjuno sejak akhir pekan lalu.
Foto: Dok Humas BPBD Kota Batu
Petugas masih berupaya memadamkan api kebakaran di Gunung Arjuno sejak akhir pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu dan sejumlah tim berhasil memadamkan api sekitar 80 persen di hutan Gunung Arjuno. Lokasi ini lebih tepatnya di Gunung Kembar Satu pada Senin sore (30/9).

"Api sudah padam. Gunung Kembar Satu dan Dua sudah padam untuk bagian barat," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Abdur Khairur Rochim melalui pesan tertulis kepada wartawan, Senin (30/9).

Baca Juga

Pada langkah selanjutnya, Rochim mengatakan, 36 petugas juga telah menyisir titik api menuju ke arah lapangan kotak. Dari hasil penyisiran, seperempat area tersebut dilaporkan telah hangus terbakar. Untuk kemudian, petugas masih akan terus berupaya memadamkan api dan asap yang tersisa.

Hutan di Gunung Kembar Satu di Arjuno sebelumnya dilaporkan telah terjadi kebakaran pada Sabtu (28/9). Laporan ini pertama kali diberikan oleh Staf Tahura R Soeryo 04 Sumberbrantas. Saat itu juga, tim dari Tahura sejumlah 31 personel menuju lokasi untuk melakukan pemadaman secara manual.

Kebakaran di Gunung Arjuno saat ini merupakan kedua kalinya pada 2019. Kebakaran pertama terjadi pada akhir Juli lalu dengan luasan lahan terbakar sekitar 300 hektare (ha). Peristiwa ini sempat mendatangkan bantuan water bombing mengingat medan yang sulit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement