Jumat 27 Sep 2019 10:41 WIB

SCG Bantu Pembangunan Jalan Provinsi di Sukabumi

Pembuatan jalan menggunakan teknologi terbaru dari SGC.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Perbaikan jalan.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Perbaikan jalan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya peningkatan kualitas jalan provisni di Kabupaten Sukabumi terus dilakukan. Salah satunya dengan menggandeng PT Semen Jawa sebagai anak perusahaan dari SCG berkontribusi dalam pemeliharaan dan peningkatan ruas jalan Pelabuhan (Sukabumi)-Cikembar-Cikembang Kabupaten Sukabumi. 

Kontribusi yang dilakukan oleh PT Semen Jawa ini merupakan hasil dari kerjasama yang dilakukan sejak 2016 dengan Dinas Binamarga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat. Sejak 2016–2018 sudah sepanjang 3,5 kilometer dengan lebar 7 meter ruas jalan yang ditingkatkan dengan perkerasan beton (rigid pavement), dan tahun ini ditarget peningkatan dengan rigid sekitar 1,2 kilometer.

Baca Juga

‘’Peningkatan infrastruktur, khususnya fasilitas publik seperti jalan raya yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari,’’ ujar Somchai Dumrongsil, President Director of PT Semen Jawa kepada wartawan, Kamis (26/9). 

Upaya ini agar masyarakat di Kabupaten Sukabumi dapat meningkatkan kualitas hidup nya melalui kelayakan sarana jalan. Menurut Somchai, peningkatan jalan provinsi merupakan kerjasama SCG dengan pemerintah. Sehingga nantinya sarana jalan ini akan mendorong lancarnya akses jalan di kawasan tersebut dan menumbukan perekonimian warga.

Selain peningkatan ruas jalan lanjut Somchai, T Jaya Readymix  yang juga merupakan anak perusahaan SCG pada Kamis memperkenalkan Jayamix Super Fast Setting Concrete. Teknologi yang diterapkan sebagai salah satu beton cepat kering yang digunakan dalam pembuatan jalan di ruas jalan Pelabuhan (Sukabumi)-Cikembar-Cikembang ini.

Jayamix Super Fast Setting Concrete terang Somchai, memiliki kemampuan untuk segera digunakan dalam waktu 4 jam sehingga tidak menghambat penggunan jalan. Dimana bila menggunakan beton normal akan membutuhkan waktu 28 hari untuk dapat dilewati kembali. 

Tidak hanya untuk jalan raya, Jayamix Super Fast Setting Concrete juga dapat digunakan untuk perbaikan struktur lainnya yang membutuhkan kecepatan waktu. Dengan kualitas bahan bangunan terbaik, SCG ingin berkontribusi pada pembangunan untuk Sukabumi yang lebih baik.

‘’Kami sangat mengapresiasi peran SCG, khususnya, PT Semen Jawa yang terlibat aktif dalam pembangunan jalan Provinsi pada ruas tersebut,’’ ujar Kepala UPTD Wilayah Pelayanan II Sukabumi Dinas Bina Marga dan Penataa Ruang Jabar, Agus Budiono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement