Jumat 27 Sep 2019 00:00 WIB

Depok Target 1.400 Hewan Peliharaan Divaksin Rabies

DKPP Depok baru melakukan vaksinasi suntik pada 1.119 hewan peliharaan.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Kucing
Kucing

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok menargetkan 1.400 hewan peliharaan divaksin rabies pada 2019. Saat ini, pihaknya baru melakukan vaksinasi suntik pada 1.119 hewan peliharaan, yaitu kucing, anjing, monyet, dan musang.

Kepala DKPPP Kota Depok, Diah Saadiah menegaskan, pemberian vaksin rabies sangat diperlukan untuk pengendalian penyakit. Pasalnya, hewan penular rabies (HPR) dapat membahayakan nyawa seseorang apabila digigit dan terkontaminasi virus.

"Selama ini kami rutin melakukan program vaksinasi  terhadap HPR. Target tersebut kami tambahkan sebanyak 10 persen dari pencapaian vaksinasi pada 2018," kata Diah di Balai Kota Depok, Kamis (26/9).

Menurut Diah, guna mencapai target vaksinasi, setiap jumat dilakukan pelayanan di Pusat Kesehatan Hewan (Puskewan) Kecamatan Sawangan. Selain itu, DKPPP Kota Depok memanfaatkan momentum seperti Peringatan Hari Jadi Kota Depok dan Peringatan World Rabies Day (WRD).

Selain program vaksinasi di Puskewan, pihahnya juga melakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat agar rutin membawa hewan peliharaan untuk divaksin. Tidak terkecuali edukasi ini, ucapnya, menyasar para pelajar di Kota Depok.

"Dalam sosialisasi tersebut, kami melakukan edukasi agar mereka menyayangi hewan peliharaannya. Selain itu, kami ajak mereka membawa hewannya untuk divaksin agar terbebas dari penyakit rabies," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement