Selasa 24 Sep 2019 04:27 WIB

Tajug Gede Cilodong akan Jadi Pusat Studi Peradaban

Pemkab akan bangun fasilitas d i dekat Masjid Gede Cilodong untuk jadi pusat studi

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Kawasan Tajug Gede Cilodong atau Masjid Besar Cilodong, Kabupaten Purwakarta
Kawasan Tajug Gede Cilodong atau Masjid Besar Cilodong, Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kawasan Tajug Gede Cilodong atau Masjid Besar Cilodong, Kabupaten Purwakarta, akan menjadi pusat studi peradaban.

"Nanti akan dibangun berbagai fasilitas di kawasan Tajug Gede Cilodong," kata Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Tajug Gede Cilodong, Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Ahad (22/9/2019).

Tujuan dari pembangunan ini adalah agar masjid besar yang berlokasi di daerah bekas prostitusi itu tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga akan menjadi pusat studi peradaban.

Ia menjelaskan, akan ada sejumlah konten yang akan dibangun di kawasan Tajug Gede Cilodong tersebut. Di antaranya Museum Islam Nusantara, Keramik Nusantara, perpustakaan digital, Museum Nyi Pohaci yang menyeritakan mengenai padi, serta museum bola.

Konten lainnya ialah museum wayang yang terinspirasi dari Giri Harja, serta Museum Kasih Sayang yang terinspirasi dari Habibie-Ainun. Menurut dia, museum yang akan dibangun ialah museum berkonsep digital dengan dilengkapi visual.

Semua museum itu akan terpusat di kompleks Tajug Gede Cilodong dengan luas 12 hektare. "Pembangunannya akan dimulai pada tahun depan," katanya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement