Selasa 17 Sep 2019 21:03 WIB

Iriana Jokowi Bakal Tinjau Tumpukan Sampah Sungai Kalibaru

Iriana Jokowi akan meninjau dan melakukan aksi bersih-bersih tumpukan sampah

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Sampah Kalibaru, Bogor
Sampah Kalibaru, Bogor

BOGOR, AYOBANDUNG.COM--Tumpukan sampah di Sungai Cipakancilan dan Kalibaru di Kota dan Kabupaten Bogor menjadi perhatian pemerintah pusat untuk turut serta menangani permasalahan sampah di daerah tersebut.

Kasiter Korem 061 Suryakencana, Letkol Asep Muspidah mengatakan nantinya istri presiden Joko Widodo, Iriana Jokowi akan meninjau langsung lokasi tumpukan sampah dan melakukan aksi bersih-bersih sebagai upaya mengedukasi masyarakat.

AYO BACA : Raflesia Patma Mekar di Kebun Raya Bogor

"Rencananya ibu negara sama ibu wakil presiden yang akan meninjau tanggal 19 ini, rencanya beliau akan meninjau dan ikut membersihkan sampah," kata Muspidah ditemui disela kegiatan pengerukan sampah Kalibaru, Selasa (17/9/2019).

Dia mengakui bahwa persoalan tumpukan sampah di Kalibaru telah menjadi perhatian pemerintah pusat. Bahkan pihaknya selama dua hari ke depan diminta oleh pusat untuk turun ke lapangan membersihkan sampah.

AYO BACA : KPA Sebut Tren Penularan HIV di Kota Bogor Terus Menurun

"Persoalan sampah disini sudah tahunan, kemaren sempat rame diperbincangkan, sehigga dari pusat memerintahkan kita untuk membersihkan dengan titik awal di Kedung Badak Kota Bogor sampai Cilebut, Kabupaten Bogor," kata Muspidah.

Sementara itu, Satgas Ciliwung, Parno mengatakan pihaknya bersyukur persoalan tumpukan sampah di dua sungai ini mendapat perhatian pemerintah pusat sebab menurutnya persoalan yang ada sudah ada sejak dulu dan belum terselesaikan.

"Kita bersyukur persoalan kalibaru akhirnya mencuat ke permukaan, jadi perhatian publik secara luas dan memang ini harus seperti itu, karena ini harus jadi tanggung jawab kita bareng-bareng," kata Parno.

Menurutnya persolan tumpukan sampah di sungai sangat komplek. Untuk menyelesaikanya pemerintah selain memberikan edukasi kepada masyarakat juga harus menyediakan TPS yang memadai. Di sisi lain masyarakat juga harus menyadari bahwa lingkungan sungai yang bersih adalah tanggung jawab bersama.

"Tentu saja kehadiran ibu negara nanti diharapkan jadi dorongan bahwa masyarakat harus mulai berbenah terdorong menjaga kebersihan sungai dan pemerintah sediakan fasilitas dan sarana yang cukup agar masyarakat tak buang sampah lagi ke sungai," tukasnya.

AYO BACA : Tumpukan Sampah di Sungai Cipakancilan Bogor Dibersihkan

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement