Selasa 17 Sep 2019 05:11 WIB

Belitung Mulai Diselimuti Kabut Asap

Sebagian asap diduga kiriman dari Kalimantan.

Kabut asap karhutla / Ilustrasi
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Kabut asap karhutla / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Sebagian wilayah di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur diselimuti kabut asap karhutla. Asap ini diduga kiriman dari wilayah diKalimantan.

"Karena saat ini sedang bertiup angin timur dan tenggara sehingga kabut asap tersebut terbawa ke arah sini" kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Charles Siregar, di Tanjung Pandan, Senin (16/9).

Baca Juga

Charles mengatakan, selain disebabkan oleh kiriman asapdari Kalimantan, kabut asap karhutla yang melanda daerah itu juga disebabkan kebakaran hutan dan lahan di daerah setempat. "Kami mencatat ada sebanyak 73 titik api yang tersebar di wilayah Bangka Belitung sehingga ini juga menjadi pemicu munculnya kabut asap hari ini," ujarnya.

Ia mengatakan, sejauh ini daerah yang cukup terdampak akibat kiriman asap tersebut adalah wilayah Belitung Timur karena secara geografis letaknya cukup dekat dengan Kalimantan. Untuk jarak pandang di daerah itu, sejauh ini masih dalam kategori normal sehingga belum mengganggu aktivitas penerbangan didaerah setempat.

"Jarak pandang masih di atas 1.000 meter jadi masih normal. Kalau di bawah itu biasanya akan mengganggu aktivitas penerbangan," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar rumah agar menggunakan masker guna menghindari gangguan inspeksi saluranpernapasan. "Kami belum memastikan akan berapa lama kabut asap karhutla ini karena sangat tergantung cuaca dan juga kondisi di sumber api berasal," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement