Senin 16 Sep 2019 17:23 WIB

BMKG: Aceh, Sumut, dan Papua Berpotensi Hujan Lebat

Hujan lebat diperkirakan terjadi selama tiga hari.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Hafil
Logo BMKG
Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat yang akan terjadi dalam tiga hari kedepan (16-18 September 2019) di sejumlah wilayah Indonesia. Kabag Humas BMKG, Akhmad Taufan Maulana mengatakan potensi hujan lebat terjadi karena massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Papua Barat dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Papua. "Berdasarkan hasil pantauan BMKG, wilayah Papua berpotensi diterpa hujan lebat pada hari ini (16/9) hingga lusa (18/9)," katanya dalam siaran persnya, Senin (16/9).

Baca Juga

Sementara itu, Taufan menyebut wilayah Aceh dan Sumatera Utara berpotensi diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (16/9). Sedangkan untuk esok hari (17/9) hingga lusa (18/9) wilayah Aceh berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir.

"BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," imbau Taufan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement