Senin 16 Sep 2019 14:28 WIB

Hari Ini, 11 Titik Api Masih Terpantau di Kepri

Kabut asap yang menaungi langit Batam pada hari ini relatif kian pekat.

Kabut asap menyelimuti kawasan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (10/9/2019).
Foto: Antara/MN Kanwa
Kabut asap menyelimuti kawasan Bengkong, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (10/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau 11 titik api yang tersebar di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, pada Senin (16/9). Berdasarkan data BMKG, satu titik api terpantau di Senayang Kabupaten Lingga, 2 titik di Bintan Utara Kabupaten Bintan, 4 titik di Bunguran Timur Kabupaten Natuna dan 4 titik di Bunguran Barat Kabupaten Natuna.

"Terdapat 11 hot spot hari ini," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Suratman.

Baca Juga

Deteksi titik api itu menggunakan sensor modis pada satelit terra dan aqua. Sensor itu memberikan gambaran lokasi yang mengalami kebakaran hutan.

Satelit mendeteksi anomali suhu panas dalam luasan 1 Km persegi pada suatu kawasan di permukaan bumi dan diobservasi 2 sampai 4 kali per hari. Namun, satelit dengan sensor itu tidak dapat mendeteksi titik api pada daerah yang tertutup awan.

Sementara itu, kabut asap yang menaungi langit Batam pada hari ini, Senin (16/9) relatif kian pekat. Meski begitu, menurut Suratman, kondisi itu belum mempengaruhi transportasi darat, laut dan udara di Kota Batam.

"Untuk jarak pandang di bandara Batam dan sekitarnya saat ini sangat baik, di atas 10 Km, sehingga masih aman untuk transportasi," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement