Ahad 15 Sep 2019 03:10 WIB

Sosialisasikan Q9, Pos Indonesia Sentuh Langsung Masyarakat

Ini merupakan layanan pengiriman barang sameday service dalam kota

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

ASIA AFRIKA, AYOBANDUNG.COM  -- Dalam rangka pengenalan tentang produk teranyar Q9 Sameday Service, PT Pos Indonesia (Persero), melakukan kegiatan rolling thunder. Ini dilakukan dengan mensosialisasikan secara langsung kepada masyarakat terkait Q9 alias layanan pengiriman barang 9 jam dari Pos Indonesia.

Kegiatan ini dikemas secara santai dengan melibatkan seluruh elemen pegawai dari 27 kantor pos besar di wilayah Jabar Banten. Kepala Regional 5 PT Pos Indonesia, Helly Siti Halimah, menyampaikan layanan anyar ini dinamakan Q9.

Artinya, layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan Ibu kota Propinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa, dengan batas waktu maksimal 9 jam. 

Layanan ini hadir untuk menjawab permintaan pasar terhadap layanan lokal dalam kota yang dapat dikirim pada hari yang sama pun semakin tinggi. Alhasil untuk terus bertransformasi dan menjawab tantangan digitalisasi tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) mengeluarkan layanan anyar untuk jasa pengiriman barang dalam kota. 

"Ini semua adalah produk yang diberikan kepada masyarakat untuk menjawab pertanyaan atau kebutuhan terutama untuk masyarakat yang mempunyai bisnis online khusus di kota-kota di Jawa Barat," ungkap Helly saat berbincang dengan Ayobandung.com di sela kegiatan Rolling Thunder di Kantor Pos Bandung, Jalan Asia Afrika, Sabtu (14/9). 

Ia meminta masyarakat tidak perlu khawatir kirimannya tidak sampai dalam jangka waktu satu hari "Khusus untuk Q9 kita jamin kirimannya itu 9 jam sampai. Dari mulai mereka melakukan pengiriman di loket-loket Kantor Pos atau dijemput oleh O-ranger Kantor Pos sampai kepada diterimanya kirman di alamat tujuan, itu maksimal 9 jam," jelas Helly. 

Di sisi lain, Helly juga menyampaikan, beragam keunggulan di usung produk kali ini. Di antaranya selain layanan di loket-loket Kantor Pos dan Agenpos, Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500 261. Bahkan hingga akhir bulan Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba di hari yang sama. 

Bukan hanya itu, Helly juga menyebut Q9 membuka layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim dan dilengkapi dengan aplikasi payment PosGiro Mobile. Bahkan tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman di pos-kan melalui loket KantorPos, O-Ranger maupun Agenpos. Layanan Q9 ini pun bukan hanya dapat dimanfaatkan masyarakat pengguna jasa online, tetapi perusahaan hingga instansi bisa menggunakan kiriman yang berbasis Cash on delivery (COD). 

"Jadi banyak kemudahan yang diberikan kepada masyarakay. Semoga masyarakat bisa memaksimalkan dan mempergunakan produk atau layanan terbaru dari PT Pos Indonesia," lanjutnya. 

Bukan hanya itu, Helly juga menyampaikan sejak peluncuran layanan Q9 ini sangay disambut positif masyarakat. Dia menyebut, masyarakat memang telah lama menantikan layanan tersebut hadir di PT Pos Indonesia. Apalagi dengan tarif kiriman Q9 yang kompetitif yakni Rp12.000/kg dengan tingkat berat maksimal paket 5 kg memudahkan masyarakat untuk melakukan kiriman barang dalam kota.

"Luar biasa, saya sendiri kaget ya, ternyata masyarakat itu memang membutuhkan layanan ini karena kan sekarang butuh kecepatan, keamanan dan ketepatan karena sekarang kan bicara (persaingan) bisnis. Mereka pun ternyata melihat tarifnya kompetitif dibandingkan dengan ekspedisi lain, wah ternyata layanan Pos bisa ya," katanya.

Di sisi lain, Helly mengaku sosialisasi Q9 dengan cara rolling thunder, sosialisasi hingga audiensi langsung dengan masyarakat sekitar ini serempak dilaksanakan di 27 kantor pos yang ada di wilayah Jabar dan Banten. Dia juga mastikan kegiatan ini sebagai bukti bahwa Pos Indonesia lebih dekat dengan masyarakat dan ada dimanapun saat masyarakat butuhkan. 

Terlebih, kehadiran Q9 ini pun, lanjut Helly, merupakan salah satu kepedulIan PT Pos Indonesia untuk ikut meningkatkan ksejahteraan atau ikut membantu UMKM untuk memasarkan produk-produknya untuk bisa disampai bukan hanya di Indonesi tapi juga dunia. Hal ini pun menjadi salah satu cara Pos Indonesia untuk membantu dalam distribusi produk UMKM agar betul-betul bisa merambah dunia internasional dan bisa meningkatkan pendapatannya. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement