Sabtu 14 Sep 2019 01:21 WIB

Purwosuman Memanas, Warga Tuntut Pengembalian Tanah Desa

Warga menuntut pengembalian tanah desa yang diambil sebuah perusahaan di Sragen.

Rep: Joglosemar/ Red: Joglosemar

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Puluhan warga Desa Purwosuman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen, turun ke jalan menggelar demo atas tanah milik desa yang diklaim sepihak oleh PT Sapi Gunung. Warga merasa dirugikan karena separuh lebar jalan desa diklaim menjadi hak milik perusahaan tersebut.

Protes warga dilakukan dengan aksi demo yang digelar di lokasi jalan yang menjadi polemik manajemen PT Sapi Gunung dengan warga, Jumat (13/9) siang. Warga meminta tanah dikembalikan sebagai jalan umum.

“Itu dulu jalan usaha tani, istilah dulu basis yang tidak diperhatikan. Terus akhirnya disuk (serobot) penggarap. Lha masyarakat itu butuh jalan tersebut, karena akan dinormalisasikan,” ungkap Bayan Dawangan Desa Purwosuman Mulyadi saat dikonfirmasi Jumat (13/9).

Mulyadi menerangkan jalan desa tersebut panjangnya sekitar 800 meter. Namun PT Sapi Gunung merasa dirugikan, dengan adanya normalisasi jalan tersebut. Tanah panjangnya sekitar 100 meter dengan lebar 1,5 meter diklaim milik Sapi Gunung.

“Itu sepanjang tanah perusahaan, sekitar 100 meter. Sudah dinormalisasi dimakadam pakai dana desa sekitar Rp 125 juta. Ini sedang digarap,” bebernya.

Ngatmanto, koordinator aksi, menjelaskan warga tetap minta tanah tersebut dikembalikan sebagai jalan. Mereka mendesak Badan Pertanahan Nasional (BPN) membuka data dan mengembalikan akses warga Dawangan.

Menurut Ngatmanto, sudah ada mediasi antara warga dengan PT Sapi Gunung di Balai Desa setempat. Bahkan mediasi sempat memanas namun tidak ada titik temu.

“Klaim perusahaan itu resmi dari pengacara. Kemarin mediasi di balai desa. Tapi pengacaranya untuk mengambil sikap mendatangkan BPN saja biar sama sama kuat,” jelas Ngatmanto.

Dia sendiri mengatakan bahwa warga memiliki bukti kuat. Pemerintah Desa Purwosuman memiliki bukti bukti bawah tanah tersebut adalah jalan desa.

“Desa jelas punya bukti kuat karena di pethuk desa ada dan banyak saksi itu akses basis petani lebarnya tidak kurang 3 meter. Belum lagi saluran jadi 5 meteran,” kata Ngatmanto.

The post Purwosuman Memanas, Puluhan Warga Turun ke Jalan Tuntut Pengembalian Tanah Desa Yang Jadi Sengketa dengan PT Sapi Gunung  appeared first on Joglosemar News.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan joglosemarnews.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab joglosemarnews.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement