Selasa 10 Sep 2019 15:26 WIB

Jokowi Janji Palapa Ring Timur Selesai Tahun Ini

Proyek Palapa Ring membangun kabel serat optik di seluruh Indonesia senilai Rp 5 T.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolanda
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/9/2019).
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pembangunan Palapa Ring Timur akan segera selesai pada tahun ini. Setelah selesai dibangun, masyarakat Papua pun nantinya dapat mengakses layanan 4G.

Hal ini disampaikan Jokowi menanggapi permintaan tokoh Papua dan Papua Barat saat bertemu di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9). "Mengenai Palapa Ring akan selesai tahun ini. Tanah Papua 4G semua," kata Jokowi.

Baca Juga

Dalam pertemuan ini, Ketua DPRD Jayapura Abisai Rollo menyampaikan sejumlah permintaan masyarakat Papua kepada Presiden Jokowi. Salah satunya yakni meminta Presiden mempercepat pembangunan Palapa Ring Timur Papua.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memperkirakan pembangunan Palapa Ring Timur akan selesai 100 persen pada minggu ketiga September. Proyek bernilai investasi sekitar Rp 5,13 triliun ini berupa pembangunan kabel serat optik di seluruh Indonesia. 

Proyek ini menjangkau 440 kabupaten/kota dengan total panjang kabel dalam proyek Palapa Ring sekitar 13 ribu kilometer di darat dan laut. Rencana besar pembangunan Palapa Ring berupa insfrastruktur yang mengitari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, NTT, Sulawesi, Maluku, dan Papua. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement