Selasa 10 Sep 2019 17:23 WIB

Dua Kali di Kabupaten Bekasi Kembali Dibersihkan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup akan kembali melakukan pembersihan atau normalisasi kali di wilayahnya. Ini merupakan agenda tahunan setelah sebelumnya Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Tambun Selatan juga berhasil dibersihkan.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Sampah di kali
Sampah di kali

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup akan kembali melakukan pembersihan atau normalisasi kali di wilayahnya. Ini merupakan agenda tahunan setelah sebelumnya Kali Jambe di Desa Mangunjaya, Tambun Selatan juga berhasil dibersihkan.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Dodi Agus Supriyanto mengungkapkan ada dua lokasi kali yang jadi incaran Kabupaten Bekasi dalam waktu dekat. “Dua lokasi itu satu di Cikarang Timur dan satunya lagi di perbatasan antara Kota dan Kabupaten Bekasi, di dekat Jatimulya,” kata Dodi kepada AyoBekasi, Selasa (10/9/2019).

AYO BACA : Dirawat di RS, Habibie Diminta Kurangi Aktivitas

Hari ini, tim Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Bekasi sedang melakukan peninjauan lokasi untuk mengukur jumlah armada yang dibutuhkan, serta kelengkapan operasional lain. Ditargetkan, pekan ini pengerukan sampah sudah bisa direalisasikan.

AYO BACA : 60 Ton Sampah Diangkat dari Kali Jambe Bekasi

“Kami lagi koordinasi dulu berapa armada yang dibutuhkan, akses alat beratnya juga bagaimana. Mudah-mudahan pekan ini bisa langsung kerja,” ujarnya.

Dua lokasi yang disebut, lanjut Dodi, mirip dengan kondisi yang ada di Kali Jambe di mana sampah-sampah berserakan menutup aliran air. Hal itu tak bisa dibiarkan karena selain merusak lingkungan, juga berpotensi menimbulkan bencana banjir.

Saat ini , pihaknya tengah melakukan komunikasi dan koordinasi mencari solusi agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Bisa dengan cara dibuat tempat pembuangan sampah terpadu atau penyediaan bank sampah.

“Kalau bank sampah itu harus ada inisiasi dari warganya juga, siapa yang nanti kelola, dan sebagainya. Kami juga koordinasi dengan Dinas PUPR soal penataan kali ke depannya akan bagaimana,” kata Dodi. Firda

AYO BACA : Hari Ini, Normalisasi Kali Jambe Ditargetkan Selesai

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement