Ahad 08 Sep 2019 22:09 WIB

Sukabumi Giatkan Syiar Islam Lewat Gebyar Muharram

Kegiatan ini juga dapat menjalin ukhuwah Islamiah di antara sesama Muslim.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah
Sebuah kendaraan dekoratif bertema padang pasir melintas di jalan saat peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah (ilustrasi)
Foto: Republika/EH Ismail
Sebuah kendaraan dekoratif bertema padang pasir melintas di jalan saat peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriyah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Beragam cara dilakukan warga Sukabumi untuk menyemarakkan tahun baru Islam. Salah satunya dengan menggiatkan gerak jalan santai dalam rangka gebyar Muharam 1441 Hijriyah.

Semarak kegiatan di bulan Muharam 1441 Hijriyah misalnya digelar DKM Al Istiqomah Puri Cibeureum Permai Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum. Pengurus masjid di sana menyelenggarakan gerak jalan santai dan bazar makanan tradisional dalam rangka menyambut tahun baru Islam, Ahad (8/9).

Baca Juga

Dalam kesempatan itu hadir Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan anggota DPRD Kota Sukabumi Neng Wulan Terisnawati. "Pemkot memberikan apresiasi atas kegiatan gebyar Muharam yang digelar DKM Al Istiqomah," ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Dia mengatakan, acara ini dapat menjadi bagian dari syiar Islam di tengah masyarakat. Sehingga menjadi bagian dari dakwah kepada masyarakat.

Menurut Fahmi, kegiatan ini juga dapat menjalin ukhuwah Islamiah di antara sesama Muslim. Ketika hal itu terjalin maka semangat kekeluargaan di antara sesama warga akan terus terjaga.

Selain di Kecamatan Cibeureum, semarak Muharam juga dengan cara jalan santai sehat (JSS) Ciaul Ngahiji di Jalan Ciaul Pasir Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Kegiatan ini juga digelar dalam rangkaian puncak hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 dan syukuran pelantikan anggota DPRD Kota Sukabumi pada 2 September 2019 lalu.

"Kedua kegiatan ini mendukung upaya pemda dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tutur Fahmi. Hal ini dikarenakan masyarat terbiasa berolahraga.

Anggota DPRD Kota Sukabumi Ivan Rusvansyah mengatakan, kegiatan jalan santai ini sebagai bagian dalam semarak Muharam dan rangkaian hari kemerdekaan. Selain itu syukuran pelantikan anggota DPRD Kota Sukabumi periode 2019-2024.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement