Jumat 06 Sep 2019 23:49 WIB

Lemhanas Ingatkan Kursi Dewan tak Bebas Nilai

Lemhanas mendorong dewan memaksimalkan kerja mereka.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Teguh Firmansyah
DPR RI
DPR RI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kinerja anggota DPR dan DPD baru terpilih periode 2019-2024 diharapkan lebih baik dibandingkan periode sebelumnya. Para anggota DPR dan DPD ini diminta memaksimalkan perannya saat telah menempati kursi legislatif mulai 1 Oktober mendatang.

Hal ini disampaikan salah satu pembicara pembekalan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Suyoto yang sebelumnya Bupati Bojonegoro dua periode.

Baca Juga

Kang Nyoto, panggilan akrabnya, mengatakan,  selama pembekalan, para anggota DPR-DPD baru ini diingatkan bahwa kursi yang akan diduduki untuk lima tahun mendatang bukanlah kursi bebas nilai. Menurutnya, kursi legislatif tersebut merupakan perpanjangan tangan kepercayaan rakyat.

"Pemimpin itu kan kuncinya dipercaya, maka kita ingin mengajak bapak-bapak yang akan menduduki satu kursi yang kebetulan tidak bebas nilai, semua orang sudah menilai, makanya harus diterima, tidak boleh dia marah marah," ujar Suyoto kepada Republika di sela-sela memberi pembekalan di Kantor Lemhanas, Jakarta, Jumat (6/9).

Untuk itu, para anggota DPR dan DPD tersebut diminta untuk menjadikan kursi tersebut bernilai untuk rakyat. Karenanya, Lemhanas melalui materi pembekalam selama 10 hari mengajak anggota legislatif bertranfomasi dalam memaksimalkan kinerja mereka.

Karena, Suyoto mengatakan, yang penting bagi publik adalah bagaiamana kinerja para wakil rakyat.

"Kalau mau tranformasi bagaiamana kinerja mereka, sekarang itu dilihat publik itu gimana kinerjanya, nah kunci untuk dipercaya, hanya ada dua, dia menarik dan memberi manfaat," kata Suyoto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement