Sabtu 31 Aug 2019 22:16 WIB

Tahun Baru Islam, Puluhan Ribu Warga Sukabumi Pawai Obor

Puluhan ribu warga memeriahkan pawai obor dengan berkeliling di jalanan pusat kota.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko
Warga membawa obor keliling kota.
Foto: Antara/Ampelsa
Warga membawa obor keliling kota.

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI -- Puluhan ribu warga Kota Sukabumi mengikuti pawai obor menyambut tahun baru Islam 1441 Hijriyah. Puluhan ribu warga memeriahkan pawai obor dengan berkeliling di jalanan pusat kota.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi melepas pawai obor dari Balai Kota Sukabumi dan berakhir di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami serta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda). Istimewanya, Wali kota bersama unsur forkopimda juga ikut berkeliling kota.

‘’ Warga antusias menyambut tahun baru Islam,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Mereka berasal dari perwakilan tujuh kecamatan yang terdiri atas utusan siswa, santri, mahasiswa, pondok pesantren, ormas Islam, DKM masjid, aparat TNI/Polri, dan ormas masyarakat.

Kemeriahan penyambutan tahun baru Islam kali ini ditandai dengan penuhnya warga yang berada di jalanan baik pada saat pelepasan dan pawai di jalanan hingga berakhir di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Pada titik akhir di lapang digelar berbagai kegiatan seni dan budaya.

Menurut Fahmi, kondisi ini menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat dalam beragama makin meningkat. Selain itu mencerminkan keimanan dan ketakwaan serta syiar Islam di tengah masyarakat.

Pergantian tahun ini kata Fahmi untuk menegaskan meninggalkan keburukan atau perilaku buruk dan menghiasi dengan kebaikan-kebaikan. Terutama dalam meningkatkan hubungan dengan Allah SWT sang khalik maupun hubungan dengan manusia misalnya menggiatkan sedekah.

Dalam konteks pemerintahan kata Fahmi, aparatur harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan harus memperlihatkan wajah yang santun. Pemerintah memohon maaf bila dalam setahun lalu belum maksimal dalam pelayanan pembangunan dan pelayanan masyarakat. Harapannya ke depan akan terus optimal membangun terutama dalam mewujudkan masyarakat Sukabumi yang religius, nyaman, dan sejahtera.

Sebelumnya, masyarakat bersama Pemerintah Kota Sukabumi menggelar tasyakur tahun baru Islam dengan kegiatan Khotmil Quran, Istigosah dan doa akhir tahun serta sekaligus sholat Maghrib berjamaah di Masjid Agung kota Sukabumi Sabtu (31/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement