Senin 26 Aug 2019 11:22 WIB

Pemesanan Tiket KA Lokal Kini Hanya Melalui KAI Access

Mulai keberangkatan 1 September, pelayanan reservasi tiket KA Lokal lewat aplikasi

Rep: Bowo pribadi/ Red: Esthi Maharani
Kepadatan calon penumpang Kereta Api (KA) Lokal
Foto: Republika/Edi Yusuf
Kepadatan calon penumpang Kereta Api (KA) Lokal

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan kebijakan baru perihal pelayanan reservasi tiket KA Lokal. Mulai keberangkatan 1 September 2019, pelayanan reservasi tiket KA Lokal hanya dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access. Sehingga, penjualan tiket KA lokal di loket- loket stasiun hanya berlaku untuk pembelian tiket secara Go-Show.

"Atau pembelian mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan, sepanjang tempat duduk masih tersedia," kata Manager Humas PT KAI Daop 4, Krisbiyantoro, di Semarang, Senin (26/8).

Ia menjelaskan, pelayanan reservasi tiket KA lokal melalui KAI Access dapat dilakukan mulai H-7 dan H-30 hingga 5 menit sebelum jadwal keberangkatan. Di wilayah Daop IV, kebijakan ini berlaku untuk KA Kalijaga serta KA Kedungsepur.

"Untuk KA Kalijaga pemesanan mulai H-30 keberangkatan dan KA Kedungsepur pemesanan bisa dimulai H-7 keberangkatan," kata Krisbiyantoro.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan, untuk melakukan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang harus mengupdate aplikasi KAI Accessnya menjadi versi terbaru.

Langkah berikutnya masuk ke menu 'Local Train' untuk memilih stasiun keberangkatan dan tujuan serta jadwal keberangkatan KA. Nantinya penumpang yang telah membeli tiket KA Lokal via KAI Access, tidak perlu lagi mencetak 'boarding pass' di stasiun.

"Namun cukup menunjukkan E-Boarding Pass yang ada di aplikasi KAI Access disertai kartu identitas asli saat boarding," tambahnya. 

 

Menurut Krisbiyantoro, kebijakan ini merupakan upaya KAI untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada pengguna KA. Dengan reservasi tiket KA Lokal via KAI Access, calon penumpang dapat memesan tiket dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu ke stasiun. Calon penumpang juga dapat merencanakan perjalanan jauh- jauh hari, serta mendapatkan kepastian tiket tanpa perlu antre di stasiun.

 

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait tata cara reservasi tiket KA Lokal via KAI Access serta informasi tentang KAI lainnya, dapat menghubungi Contact Center KAI di 121/021121 (24 jam).

"Informasi perihal ini juga bisa diakses dengan mengunjungi petugas Customer Service yang ada di stasiun- stasiun," tandas Krisbiyantoro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement