Sabtu 24 Aug 2019 14:25 WIB

2020, Terminal Tipe A akan Memiliki Fasilitas Setara Bandara

Revitaslisasi terminal akan dilakukan tahun depan.

Rep: Riza Wahyu Pratama/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengendara salah satu mobil angkutan kota (Angkot) melintas di Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Pengendara salah satu mobil angkutan kota (Angkot) melintas di Terminal Bus Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Jumat (2/8/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan revitalisasi terminal tipe A. Diharapkan dengan revitalisasi tersebut, terminal yang dikelola oleh ditjen hubungan darat akan memiliki fasilitas setara dengan bandara.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Mulyana menjelaskan, dengan diperbaikinya terminal Tipe A, maka masyarakat akan lebih antusias untuk menggunakan angkutan massal. Selain itu, transportasi darat nantinya akan setara dengan transportasi laut dan udara.

Baca Juga

"Dengan begitu masyarakat akan nyaman kalau mau siang atau malam datang ke terminal. Selain nyaman, keselamatan dan keamananya juga terjamin," kata Cucu saat meresmikan transpatriot jalur II dan III, Kamis (22/8).

Dalam kesempatan yang sama, ia juga mendorong pemerintah daerah untuk membantu revitalisasi tersebut. Menurutnya, pemerintah bisa membantu merevitalisasi terminal tipe B (angkutan kota dalam provinsi), serta terminal tipe C (angkutan pedesaan).

"Kita juga akan merintis apa-apa yang tidak bisa dilakukan oleh kab/kota akan dibantu, khususnya dalam hal transportasi darat," ucapnya.

Cucu menambahkan, dengan direvitalisasinya terminal-terminal tersebut, pihaknya akan lebih leluasa untuk menambah armada transportasi darat. "Dengan demikian, Bappenas akan memberikan tambahan dana alokasi khusus untuk transportasi darat," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement