Rabu 21 Aug 2019 15:21 WIB

Dispar Sleman Perpanjang Pendaftaran Jelajah Wisata 2019

Pendaftaran masih akan dibuka sampai 23 Agustus 2019.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih (jilbab  hitam), saat konferensi pers Jelajah Wisata 2019 di Kantor Dispar Sleman,  Selasa (20/8).
Foto: Dok Pemkab Sleman
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih (jilbab hitam), saat konferensi pers Jelajah Wisata 2019 di Kantor Dispar Sleman, Selasa (20/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Waktu pendaftaran Jelajah Wisata 2019 Kabupaten Sleman diperpanjang. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan, pendaftaran masih akan dibuka sampai 23 Agustus 2019.

Ia mengungkapkan, perpanjangan itu dilakukan karena masih banyak masyarakat yang berminat mengikuti gelaran tersebut. Pendaftaran sudah dibuka sejak 22 Juli 2019.

Baca Juga

"Diharapkan dengan ditambahnya masa pendaftaran ini dapat menarik lebih banyak lagi peserta Jelajah Wisata 2019 nanti," kata Ning di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Selasa (20/8).

Sampai saat ini sudah ada 600 pendaftar mulai dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra dan Kalimantan. Targetnya, berhasil mencapai 1.000 peserta.

Jelajah Wisata tahun ini akan digelar pada 25 Agustus 2019. Garis awal dan akhir mengambil tempat di Bumi Perkemahan Lembah Merapi, Dusun Sidorejo, Desa Girikerto, Kecamatan Turi.

Terkait itu, Ning menekankan, ada banyak rumah masyarakat sekitar yang siap jadi tempat menginap jika diinginkan. Terlebih, peserta Jelajah Wisata akan menempuh jarak sekitar delapan kilometer.

Adapun batasan usia yang diperbolehkan mengikuti gelaran ini minimal 12 tahun. Ning menegaskan, salah satu pertimbangan usia minimal itu tidak lain tentang keamanan.

"Ini sesuai dengan Sapta Pesona," ujar Ning.

Gelaran itu merupakan agenda rutin yang diadakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman setiap dua tahun sekali. Tujuannya, mempromosikan sekaligus meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Sleman.

Selain itu, agenda ini bertujuan meningkatakan kesadaran dan rasa kecintaan masyarakat terhadap alam sekitar. Peserta yang berminat cukup membayar Rp 50 ribu rupiah.

Mereka akan mendapatkan fasilitas berupa kaos, makan siang, asuransi dan kesempatan mendapat berbagai hadiah kejutan. Pendaftaran dapat dilakukan langsung di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement