Selasa 20 Aug 2019 02:15 WIB

Mardani Ajak Semua Berkepala Dingin Sikapi Peristiwa Papua

Pemerintah harus menaruh perhatian lebih kepada Papua.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Dwi Murdaningsih
Aksi massa di Kota Manokwari, Senin (19/8)
Foto: Safwan Ashari Raharusun/AP
Aksi massa di Kota Manokwari, Senin (19/8)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi II DPR Mardani Ali Sera meminta semua pihak untuk berhati lapang dan berkepala dingin menyikapi kerusuhan yang terjadi di Papua. Menurutnya kerusuhan tersebut tidak akan terjadi jika tidak ada penyebabnya. 

"Jangan mencari siapa yang salah tapi cari dimana letak yang salah, duduk bareng, ayo sayangi Papua seperti kita menyayangi yang lain," kata Mardani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8).

 

Mardani mengatakan Pemerintah harus menaruh perhatian lebih kepada Papua. Ia meyakini jika seluruh persoalan di Papua diselesaikan dengan kepala dingin, maka masalah di Papua bisa selesai.

 

Ia pun berharap agar peristiwa yang terjadi di Manokwari dan sejumlah titik di Papua hari ini tidak dibesar-besarkan. Menurutnya energi sosial yang dimiliki bangsa Indonesia akan habis terbuang untuk perkara kecil.

 

"Sudah jangan digede-gedein, yang gini-gini tuh sayang. Kalo enggak kita tuh kayak rumput kering yang dibakar yang bakar tuh orang yang nggak suka kita guyub rukun damai, pihak lain gitu loh, jangan, jangan. Nggak usah represif, pakai hati aja," ujarnya.

 

Ia percaya Kapolri Tito Karnavian bisa mengatasi persoalan Papua dengan sangat baik. Apalagi, Tito juga merupakan mantan Kapolda Papua. "Harusnya aparat ikut Kapolri," tuturnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement