Sabtu 17 Aug 2019 14:56 WIB

Kemendagri Imbau ASN Evaluasi Diri

ASN juga harus menyadari tantangan yang akan dihadapi ke depan

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Peserta memberikan hormat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Peserta memberikan hormat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo meminta Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungannya dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengevaluasi diri pada HUT ke-74 Republik Indonesia (RI). Evaluasi diri atas hal yang telah diberikan kepada negara untuk kemajuan bangsa.

"Sebagai bentuk evaluasi terhadap diri atas peran dan fungsi sebagai ASN dalam memajukan bangsa dan Negara. Seyogyanya, kerja dan tanggung jawab yang diemban merupakan implementasi dari ungkapan rasa syukur atas telah dirainnya kemerdekaan bangsa," ujar Hadi saat menjadi menjadi Inspektur Upacara di Lapangan Kemendagri, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8).

Ia mengatakan, ASN juga harus menyadari tantangan yang akan dihadapi ke depan semakin dinamis dan kompleks. Menurut dia, bangsa ini membutuhkan tokoh yang menginspirasi dan memberikan keteladanan.

Tak hanya itu, ia juga memintan ASN di Kemendagri dan BNPP mampu menjadi role model yang dapat mengawal Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan mempertahankan NKRI. Sebab, tanggung jawab, fungsi dan kinerja ASN merupakan cerminan dari kualitas dan prestasi bangsa.

"Jika kita mampu melakukan pekerjaan dengan baik dan penuh inovasi, niscaya bangsa ini akan menjadi bangsa yang berprestasi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement