Senin 12 Aug 2019 20:29 WIB

Dinsos Depok Latih Penyandang Disabilitas Cara Membatik

Pelatihan keterampilan untuk disabilitas agar mereka memiliki keahlian khusus.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Disabilitas (ilustrasi)
Foto: ajproducts.co.uk
Disabilitas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sejumlah penyandang disabilitas di Kota Depok diikutsertakan dalam pelatihan membantik kontemporer. Pelatihan yang digagas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok tersebut, rutin dilakukan untuk mendorong para disabilitas untuk tetap berkarya dan berdaya.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana, mengatakan pembinaan kepada para disabilitas masuk ke dalam bidang pemberdayaan sosial. Menurutnya, pemerintah rutin mengikutsertakan para penyandang disabilitas dalam setiap pelatihan keterampilan agar penyandang disabilitas memiliki keahlian khusus.

Baca Juga

Pelatihan ini dilakukan di Wisma Hijau selama tiga hari, yakni 6-8 Agustus 2019. "Setiap pelatihan disesuaikan dengan peserta. Misalnya, bagi penyandang disabilitas mental dan autis, mereka kami arahkan agar membantik kontemporer," ujar Usman di Balai Kota Depok, Senin (12/8).

Menurut Usman, dalam pelatihan kali ini pihaknya mengikutsertakan 25 peserta dari 11 kecamatan di Kota Depok. Mulai dari usia belasan yang berasal dari yayasan/sekolah hingga 40 tahun yang berasal dari lingkungan.

"Ini kepedulian kita kepada para penyandang disabilitas. Mereka harus dapat berkarya dan berdaya juga," jelasnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita, menambahkan setiap penyandang disabilitas memiliki perbedaan. Seperti sebelumnya, pelatihan komputer kepada penyandang tunarungu. Pelatihan diberikan sesuai dengan kondisi disabilitasnya.

"Bagi tunagrahita dan autis kita harapkan dapat melatih otak serta motorik mereka. Perlahan kita upayakan mereka dapat berkarya," pungkas Nita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement