Jumat 09 Aug 2019 22:23 WIB

TNI Gelar Latihan Analisis Kebakaran Hutan di Kalimantan

Karhutla di wilayah Kalimantan merupakan masalah utama yang harus diantisipasi

Red: EH Ismail
Latihan penanganan Karhutla oleh TNI
Foto: Puspen TNI
Latihan penanganan Karhutla oleh TNI

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN — Perwira Siswa Sekolah Staf  Komando Tentara Nasional Indonesia (Sesko TNI) Dikreg Angkatan 46, melaksanakan latihan  penyusunan rencana antisipasi yang menempatkan kebakaran hutan dan lahan. Latihan selama 4 hari sejak tanggal 5 Agustus 2019 yang lalu ini menjadi prioritas utama di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

Kegiatan ini diikuti 34 orang Pasis Sesko TNI, dipimpin  Brigjen TNI Dwiyanto BP, Direktur Pembinaan Manajemen Sesko TNI, dengan didampingi 8 orang Dosen Pembina. Kegiatan Geladi Waskita Dharma ini  bertujuan untuk melatih Perwira Siswa dalam menyusun rencana untuk mengantisipasi terjadinya ancaman bersenjata maupun ancaman non militer.

Berdasarkan hasil analisis, karhutla di wilayah Kalimantan merupakan masalah utama yang harus diantisipasi oleh Kodam VI/Mulawarman.  Hal ini juga selaras dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, tentang penanganan kebakaran hutan dan lahan pada Selasa (6/8) di Istana Negara, Jakarta.

Pada acara pelepasan Pasis Sesko TNI Dikreg 46, yang diawali dengan pemaparan hasil Analisa oleh perwakilan Perwira Siswa, Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Subiyanto menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan geladi Waskita Dharma, yang hasilnya akan digunakan sebagai bahan acuan dan dapat diimplementasikan dalam mendukung tugas pokok Kodam VI/Mulawarman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement