Rabu 07 Aug 2019 11:05 WIB

Anies: Satpol PP DKI Harus Tegas, Tapi Tetap Humanis

Anies mengatakan Satpol PP harus melaksanakan tugas dengan tegas dan beradab.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Reiny Dwinanda
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan usai meresmikan GOR Rorotan, Jakarta Utara, Senin (29/7).
Foto: Republika/Mimi Kartika
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan usai meresmikan GOR Rorotan, Jakarta Utara, Senin (29/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di Ibu Kota yang harus memiliki pendekatan tersendiri dalam melakukan tugasnya. Gubernur Anies mengatakan Satpol PP DKI harus tetap tegas, tetapi tetap humanis.

Hal itu disampaikan Anies saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpol PP ke 69 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57 di lapangan silang Monas, Rabu (7/8). Dalam kesempatan itu, Anies menegaskan bahwa penegakan hukum yang dilakukan petugas Satpol PP harus dilakukan secara beradab.

"Saya ingin menggarisbawahi kepada saudara-saudara yang bertugas di lapangan sebagai Satpol PP bahwa saudara-saudara bertanggung jawab menegakkan peraturan. Saudara-saudara adalah wajah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Saudara-saudara hadirkan ketegasan, tapi ketegasan tidak selalu hadir bersama dengan kebengisan. Ketegasan diwujudkan keteguhan memegang aturan. Melaksanakan dengan cara yang beradab," ujar Anies.

Gubernur DKI Jakarta menyampaikan Satpol PP Jakarta bekerja sama dengan Kepolisian dan TNI telah membuktikan peran pentingnya. Selama setahun terakhir, Satpol PP berhasil mewujudkan ketenteraman dan keamanan di Ibu Kota, seperti pada perhelatan Asian Games 2018 dan pelaksanaan Pemilihan Umum 2019.

“Secara khusus, saya ingin menitipkan pesan kepada saudara sekalian bahwa hari-hari ke depan, kita akan menyaksikan beberapa pergeseran terkait dengan pengelolaan lalu lintas di Jakarta," jelasnya.

Anies berharap Satpol PP DKI dapat membantu masyarakat memperoleh informasi tentang perubahan pengelolaan lalu lintas Jakarta. Satpol PP bisa membantu dalam memastikan bahwa warga bisa bertransportasi dengan nyaman dan aman.

Gubernur Anies berharap tanggung jawab Satpol PP di dalam melaksanakan Peraturan-Peraturan Daerah maupun Peraturan-Peraturan Gubernur yang terkait dengan mobilitas penduduk menjadi salah satu tanggung jawab baru. Itu harus menjadi perhatian khusus untuk mewujudkan kota Jakarta yang aman dan tenteram.

Gubernur Anies meyakini wajah Jakarta akan menjadi contoh wajah Indonesia di mana dunia internasional menyaksikan Indonesia. Ia memandang Satpol PP sebagai bagian yang penting dalam mewujudkan Jakarta kota aman, tertib, modern, berbudaya, dan lestari.

“Pada akhirnya, saya menyampaikan Dirgahayu Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57. Teruslah berbakti. Teruslah melayani. Teruslah melindungi. Tegakkan Peraturan Daerah. Tegakkan Peratuan Kepala Daerah. Jadilah petugas-petugas yang tegas dan humanis. Jadilah petugas yang kehadirannya memberikan rasa tenteram. Praja Wibawa Satpol PP. Bangga berwibawa,” kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement