Ahad 04 Aug 2019 11:20 WIB

Ketika Luhut 'Menang' atas JK dan Anies Baswedan

Wapres JK, Menko Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gubernur Anies ikut lomba makan kerupuk

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Hasanul Rizqa
Para menteri kabinet kerja mengikuti lomba makan kerupuk di Istana Bogor, Ahad (4/8)
Foto: Sapto Andika Candra
Para menteri kabinet kerja mengikuti lomba makan kerupuk di Istana Bogor, Ahad (4/8)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Suatu acara unik berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Ahad (4/8) pagi ini. Sejumlah menteri, mantan menteri, dan pimpinan tinggi negara berkumpul untuk mengikuti senam pagi yang dilanjutkan dengan beberapa lomba ringan.

Semua itu digelar untuk memeriahkan Agustus sebagai bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Momentum ini juga dimaksudkan untuk mengisi bulan-bulan terakhir periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga

Di antaranya adalah perlombaan makan kerupuk. Ada sejumlah menteri dan mantan menteri yang mengikuti acara ini. Selayaknya lomba makan kerupuk pada umumnya, menteri-menteri seperti Sri Mulyani, Luhut Binsar Pandjaitan, Imam Nahrawi, hingga Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ikut beradu cepat menghabiskan kerupuk yang digantung dengan tali.

Hasilnya, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berhasil melahap kerupuk hingga habis dengan waktu tercepat. Dalam lomba ini, Luhut berhasil mengalahkan Wapres JK, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan mantan Mendikbud Anies Baswedan.

Di ronde lain, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berhasil menjadi pemenang lomba makan kerupuk. Menpora mengalahkan Menkeu Sri Mulyani dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyebutkan, acara ini sudah dirancang sejak lama. Tujuannya antara lain untuk merekatkan solidaritas di internal pemerintahan sekaligus menjaga silaturahim dengan para mantan menteri yang tak lagi menjabat.

"Acara ini sudah dirancang sejak lama. Solidaritas tanpa batas," katanya saat ditemui, Ahad (4/8).

Rencananya, acara pada hari ini akan diisi juga dengan penggalangan dana bagi korban gempa Banten. Seperti diketahui, gempa bumi sempat mengguncang Provinsi Banten dan sekitarnya pada Jumat (2/8) lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement